Julistianda, Desty Yanti (2024) Implementasi penanaman nilai-nilai toleransi melalui pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas IX di SMPN 1 Simpang Rimba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (698kB)
BAB I_1811047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (337kB) | Request a copy
BAB II_1811047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (487kB) | Request a copy
BAB III_1811047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (378kB) | Request a copy
BAB IV_1811047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (563kB) | Request a copy
BAB V_1811047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (261kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811047.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (379kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Masyarakat Simpang Rimba adalah masyarakat yang memegang teguh kerukunan dan toleransi dalam keagamaan, terlihat dari berbagai perayaan agama atau perayaan lainnya, sejalan dengan apa yang diterapkan pada SMPN 1 Simpang Rimba merupakan salah satu sekolah yang bersikap umum, maka yang menuntut ilmu pada SMPN 1 Simpang Rimba beragam dan dari berbagai macam kalangan, berbagai suku, etnis bahkan agama, di sekolah tersebut menurut salah satu dari guru agama Islam bahwa ketika siswa yang beragama Islam mengadakan kegiatan keagamaan maka siswa yang tidak beragama Islam membantu dalam mempersiapkan tempat kegiatan tersebut. Implementasi penanaman nilai-nilai toleransi melalui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN I Simpang Rimba Kabupaten Bangka Selatan, pada tahap ini, guru PAI sudah melakukan interaksi belajar mengajar melalui penerapan berbagai strategi metode dan teknik pembelajaran serta pemanfaatan seperangkat media. Selain itu, Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam telah menanamkan nilai-nilai toleransi, guru bersikap terbuka dan adil kepada semua siswa, kegiatan pembelajaran diskusi kelompok dengan menerapkan sikap menghargai dan menghormati perbedaan (agama suku dan budaya), hidup rukun, peduli sesama teman dan santun, menerima dan mendengar saran, menumbuh kenyamanan antar siswa serta memberikan kebebasan bersosial.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | toleransi; agama; suku; budaya |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | DESTY YANTI JULISTIANDA |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 03:43 |
Last Modified: | 28 Feb 2024 08:18 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1711 |