Nurhayati, Fitri (2023) Pengaruh hafalan Al-qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Madrasah Aliyah Swasta Hidayatul Qur’an Puding Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911056.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (980kB)
BAB I_1911056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (482kB) | Request a copy
BAB II_1911056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (576kB) | Request a copy
BAB III_1911056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (770kB) | Request a copy
BAB IV_1911056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (837kB) | Request a copy
BAB V_1911056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (291kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911056.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (406kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan pertimbangan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang kurang tertarik dalam membaca Al-Qur’an, terutama pada bidang menghafal, hal itu masih menjadi sebuah ketakutan bagi tiap-tiap siswa. Sehingga dengan kurangnya keinginan menghafal dari siswa, maka akan berkurang pula peluang peningkatan keberhasilan yang didapat dalam proses pembelajaran.
Penelitian ini merupakan hasil kajian dan pengamatan atas pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar siswa kelas XII Madrasah Aliyah Swasta Hidayatul Qur’an Puding Besar. Pengumpulan data utamanya melalui pengamatan (observation), penyebaran angket, serta dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul kemudian dibenturkan dengan teori-teori yang relevan agar didapat gambaran komprehensif atas kondisi objektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas menghafal Al-Qur’an berpengaruh terhadap prestasi belajar. Hal ini dibuktikan bahwa berdasarkan thitung sebesar 4,758 sedangkan ttabel = 2,034. Berdasarkan hasil tersebut bahwa thitung lebih besar daripada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak sehingga terdapat pengaruh hafalan Al-Qur’an terhadap prestasi belajar. Besarnya kontribusi hafalan Al-Qur’an dalam mempengaruhi prestasi belajar siswa sebesar 60,0% sedangkan sisanya 40,0% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ditelit i dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | hafalan al-qur’an; prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Fitri Nurhayati |
Date Deposited: | 23 Feb 2024 03:44 |
Last Modified: | 23 Feb 2024 03:44 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1704 |