Sari, Wulan (2023) Strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Tabungan Hidayah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Sungailiat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1831175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1831175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
BAB II_1831175 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (467kB) | Request a copy
BAB III_1831175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (337kB) | Request a copy
BAB IV_1831175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (406kB) | Request a copy
BAB V_1831175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (109kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1831175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (310kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Perkembangan perbankan syariah di Indonesia semakin meningkat, hal ini yang menyebabkan persaingan semakin ketat. Terjadinya persaingan tersebut mengharuskan bank untuk gencar dalam memasarkan produknya, sehingga untuk menjaga eksistensi produknya, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Sungailiat menerapkan strategi pemasaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan Hidayah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Sungailiat dan untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan Hidayah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Sungailiat.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke sumber data. Adapun jenis penelitian kualitatif deskriptif ialah penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data yang digunakan untuk menguji dan menjawab pertanyaan mengenai strategi status terakhir satu objek yang di teliti. Informan dalam penelitian ini adalah pempinan cabang dan kabag marketing Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Sungailiat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sedangkan analisis data yang digunakan terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh pihak Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Sungailiat ialah dengan melakukan pemasaran 3p (place, product dan promotion) periklanan, pemasangan spanduk, dan melalui kontak langsung dengan para calon nasabahnya untuk menjelaskan tentang produk bank kepada nasabah secara rinci, pemasaran produk tabungan Hidayah adalah dengan disosialisasikan ke lembaga ataupun ke masyarakat sekitar. Kendala yang dihadapi dalam memasarkan produk tabungan Hidayah adalah kurangnya pengetahuan masyarakat terhadap bank syariah maupun produk bank syariah itu sendiri, keterbatasan SDM dalam promosi produk dan kurangnya sarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pemasaran; jumlah nasabah; produk tabungan hidayah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | wulan sari |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 07:00 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 07:26 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1674 |