Kuswari, Monika (2023) Pengembangan media buku bergambar untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak usia 5-6 tahun di TK Az-Zakkyah Desa Kace. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (773kB)
BAB I_1912038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
BAB II _1912038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (183kB) | Request a copy
BAB III _1912038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB) | Request a copy
BAB IV_1912038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V_1912038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (54kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _1912038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (53kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Berdasarkan permasalahan yang diambil bertujuan 1) untuk
meningkatkan kemampuan bahasa Inggris pada usia 5-6 tahun dalam memahami pengembangan media buku bergambar, 2) untuk kualifikasi kelayakan dari pengembangan media buku bergambar berdasarkan ahli material dan ahli komunikasi, dan 3) untuk kualifikasi keefektifan rak buku bergambar. Dengan adanya pengembangan pada media pembelajaran yang berbentuk buku bergambar sebagai motivasi atau penunjang dalam belajar sehingga dapat memaksimalkan keberhasilan pada anak.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan langkah atau proses pengembangan yang digunakan oleh peneliti memanfaatkan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yakni: 1) Analysis atau analisis, 2) Design atau perencanaan, 3) Development atau pengembangan, 4) Implementation atau penggunaan/pelaksanaan, 5) Evaluation atau penilaian/perbaikan.
Hasil dan pembahasan dari kajian yang dikaji dalam pengembangan ini mencapai standar kelayakan baik dari ahli materi dan ahli media yang mendapat kemenarikan dan keefektifan dalam belajar. Adapun kesimpulan yang diperoleh memiliki tingkat kelayakan ahli materi sebesar 66% dan ahli media sebesar 76%. Hasil t hitung dan t tabel dari kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 4,83 > 2,20 maka Ha diterima dan H0 di tolak dengan begitu terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak dengan menggunakan treatment dan tidak menggunakan treatment yang dilakukan dengan memanfaatkan media buku bergambar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media; buku bergambar; bahasa inggris |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Monika Kuswari |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 08:11 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 08:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1658 |