Komalasari, Vivit (2023) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kurangnya sikap interaksi sosial peserta didik melalui bimbingan kelompok di SMP Negeri 3 Payung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal-1715033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (868kB)
BAB I_1715033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (493kB) | Request a copy
BAB II_1715033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (471kB) | Request a copy
BAB III_1715033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (398kB) | Request a copy
BAB IV_1715033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (505kB) | Request a copy
BAB V_1715033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (253kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1715033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (266kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Bimbingan dan Konseling merupakan suatu layanan pemberian bantuan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling untuk peserta didik atau konseli karena disetiap sekolah tentu memiliki masalah yang berbeda-beda. Bimbingan dan konseling memiliki beberapa layanan, salah satunya layanan bimbingan kelompok. layanan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan kelompok yang dilakukan secara berkelompok, adanya interaksi satu sama lain, mengeluarkan pendapat dan saran. Layanan bimbingan kelompok digunakan untuk mengatasi kurangnya sikap interaksi sosial peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kuranganya sikap interaksi sosial peserta didik dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi kurangnya sikap interaksi sosial peserta didik di SMP N 3 Payung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, adapun informan dalam penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara serta studi dokumen. Pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP N 3 Payung sudah berjalan dengan baik, karena semua personil guru BK saling bekerja sama dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling tentang tujuan dan manfaat bimbingan yang diberikan. Memberikan motivasi kepada peserta didik sehingga dapat membangun potensi diri terutama dalam pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kurangnnya sikap interaksi sosial peserta didik yaitu, merencanakan layanan, melaksanakan layanan, mengevaluasi layanan, dan melakukan tindak lanjut. Sedangkan pelaksanaan layanan terdiri dari tiga bagian yaitu, tahapan, bentuk-bentuk layanan, faktor penyebab. Layanan ini bertujuan untuk mengatasi kurangnya siskap interaksi sosial peserta didik kelas VIII di SMP N 3 Payung
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | guru bk; interaksi sosial; bimbingan kelompok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Vivit Komalasari |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 09:33 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 09:33 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1641 |