Defi, Fuspita (2023) Implementasi strategi prediction guide untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti kelas VIII-D di SMP Negeri 2 Jebus. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1811038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I 1811038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (588kB) | Request a copy
BAB II 1811038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (559kB) | Request a copy
BAB III 1811038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (389kB) | Request a copy
BAB III 1811038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (389kB) | Request a copy
BAB IV 1811038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB) | Request a copy
BAB V 1811038-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811038.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (134kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Strategi Prediction Guide (Tebak Pelajaran) yang dimana dalam penerapan strategi ini dapat dikatakan kurang maksimal sehingga tingkat minat belajar peserta didik didalam kelas tidak memiliki rangsangan belajar terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam. Prediction Guide ini tidak semata-mata hanya terfokus kepada menebak saja, akan tetapi Prediction Guide ini digunakan untuk melibatkan peserta didik pada saat didalam kelas maupun saat dalam proses belajar mengajar harus aktif dan melatih berfikir kritis peserta didik dari awal hingga akhir pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi Prediction Guide untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII-D di SMP Negeri 2 Jebus. Dalam penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian. Penelitian kualitatif dapat dipahami sebagai penelitian yang menggunakan data deskriptif berupa bahasa tertulis atau lisan dari orang atau pelaku yang akan diamati. Yang dimana pendekatan kualitatif ini dilakukan pula untuk menjelaskan atau menganalisis fenomena individu atau kelompok, peristiwa, sikap, serta dinamika sosialnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan serta pengaruh pengguanaan dari strategi Prediction Guide untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta peserta didik pada mat pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelad VIII-D di SMP Negeri 2 Jebus ini telah dikatakan berhasil karena yang dimana papda proses pembelajaran peserta didik merasa sangat senanag, antusisas, dan mampu meningingkatkan kemampuan berfikir kritis dalam menebak jawaban dari pertanyaan yang terlah diberikan oleh guru pendidikan agama Islam dan budi pekerti dari awal hingga akhir dari pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi prediction guide; meningkatkan kemempuan kognitif; pendidikan agama islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Defi Fuspita |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 09:09 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 09:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1640 |