Sapitri, Sapitri (2023) Upaya pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak kelas VII A MTs Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman_Awal_1911167..pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (616kB) | Request a copy
BAB II_1911167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (652kB) | Request a copy
BAB III_1911167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (428kB) | Request a copy
BAB IV_1911167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (481kB) | Request a copy
BAB V_1911167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911167.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (422kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya tingkat kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIIA MTs Al-Islam Kemuja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana upaya pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIIA MTs Al-Islam Kemuja, serta untuk mengetahui problematika yang dihadapi pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas VIIA MTs Al-Islam Kemuja.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif, yang dilaksanakan di kelas VIIA MTs Al-Islam Kemuja. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi nonpartisipan, dimana peneliti mengumpulkan data melalui pengamatan dan penginderaan, peneliti juga tidak terlibat langsung dalam kegiatan informan yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data selanjutnya melalui wawancara terstruktur, dimana peneliti sudah menyiapkan instrumen pedoman wawancara berupa pertanyaan-pertanyaan tertulis. Peneliti juga menggunakan dokumentasi untuk memperoleh data-data yang masih berhubungan dengan penelitian ini dari pihak MTs Al-Islam Kemuja.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada empat upaya pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIIA MTs Al-Islam Kemuja yaitu, 1) melakukan absen di awal masuk kelas, 2) keteladanan dan pemberian contoh disiplin oleh pendidik, 3) memberikan nasehat dan motivasi serta, 4) memberikan punishment dan reward. Adapun Probelematika yang dihadapi pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIIA MTs Al-Islam Kemuja adalah; keadaan individual peserta didik, perbedaan karakter peserta didik, dan kurangnya komunikasi antara pendidik dan peserta didik. Solusi yang digunakan pendidik dalam mengatasi permasalah-permasalahan tersebut adalah; memahami keadaan individual peserta didik, mengenal perbedaan karakter peserta didik, membina komunikasi yang baik dengan peserta didik, dan melaksanakan proses pembelajaran yang menarik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | upaya pendidik; kedisiplinan; akidah akhlak |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | SAPITRI SAPITRI |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 05:33 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 05:33 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1632 |