Tamini, Tamini (2023) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan konsep diri peserta didik kelas IX melalui layanan bimbingan konseling kelompok di SMP Negeri 1 Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1815073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1815073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB) | Request a copy
BAB II_1815073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (485kB) | Request a copy
BAB III_1815073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (419kB) | Request a copy
BAB IV_1815073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (319kB) | Request a copy
BAB V_1815073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (10kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1815073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (12kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengembangkan konsep diri peserta didik di SMP Negeri 1 Simpang Teritip. Penelitian ini dilakukan atas hasil kajian dan pengamatan dari peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan konsep diri peserta didik di SMP Negeri 1 Simpang teritip. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk-bentuk dan proses pemberian layanan konseling kelompok di SMP Negeri 1 Simpang Teritip.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 1 Simpang Teritip yang beralamat di Jln. Raya Muntok- Pangkalpinang, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat. Teknik mengumpulkan data digunakan peneliti berupa analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data dan mengambil keputusan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam mengembangkan konsep diri peserta didik ialah melakukan kolaborasi kepada guru-guru terkait yang ada di SMP Negeri 1 Simpang Teritip, kemudian guru BK melakukan pemantauan di sekolah baik melalui pengamatan tingkah laku secara langsung, dan yang terakhir guru BK menggunakan layanan konseling kelompok, melalui layanan tersebut guru BK mampu mengatasi konsep diri peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru bk; konsep diri; layanan bk kelompok. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Tamini Tamini |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 05:09 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 05:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1630 |