Ria, Juwita (2023) Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik kelas V SDN 30 Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911148.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (996kB)
BAB I_1911148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB) | Request a copy
BAB II_1911148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (691kB) | Request a copy
BAB III_1911148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (418kB) | Request a copy
BAB IV_1911148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (371kB) | Request a copy
BAB V_1911148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (111kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911148.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (411kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Fokus penelitian ini berkenaan dengan Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Pada Peserta Didik Kelas V SDN 30 Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat. Adapun tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik kelas V SDN 30 Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat dan mendeskripsikan apa saja faktor yang mempegaruhi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik kelas V SDN 30 Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu memberikan laporan hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan memaparkan data-data yang diperoleh mengenai strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan. Lokasi penelitian di SDN 30 Kota Kapur Kecamatan Mendo Barat. Sumber data yang diperoleh adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara terstruktur, observasi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan reduksi data yang diambil dari pedoman wawancara, observasi dan penarikan kesimpulan didasarkan pada fakta-fakta kenyataan yang telah ditemukan dari hasil penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru pendidikan agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada peserta didik. Pertama, guru pendidikan agama Islam menggunakan strategi keteladanan yaitu dengan memberi contoh perilaku yang baik terlebih dahulu kepada peserta didik, strategi pembiasaan pendidik selalu mengulang-ulang perbuatan yang dilakukan seperti sebelum masuk kelas berdoa terlebih dahu agar peserta didik terbiasa melakukannya, strategi targib wa tarhib dimana pendidik menceritakan kisah-kisah para nabi dan rosul serta kisah-kisah di zaman Rosulullah tentang keajaiban dan kemurkaan Allah supaya mereka mereka merasa takut dan tidak melakukan kerusakan di muka bumi ini. Kedua nilai-nilai keagamaan yaitu nilai aqidah ini merupakan hal yang dasar diajarkan kepada peserta didik dalam mempelajari ketauhidan dalam mengenal Allah, nilai ibadah hubungan manusia dengan Rabb nya yang didorongkan dari rasa kegaguman dan ketakutannya kepada Allah dan nilai akhlak tingkah laku manusia terhadap ciptaan Allah dengan mengacu kepada keimanan seorang hamba.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi; guru pai; nilai-nilai keagamaan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Ria Juwita |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 05:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 05:41 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1628 |