Azzahra, Septa (2023) Proses pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dan implikasinya dalam membina akhlak santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911172.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (407kB) | Request a copy
BAB II_1911172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (527kB) | Request a copy
BAB III_1911172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (249kB) | Request a copy
BAB IV_1911172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (377kB) | Request a copy
BAB V_1911172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (133kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911172.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (234kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Pertama, alokasi waktu pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja hanya ada satu kali pertemuan dalam satu minggu. Kedua, santri baru berasal dari keluarga, desa, kota yang berbeda dengan latar belakang pendidikan yang berbeda sehingga akhlak dan perilaku yang dimiliki setiap peserta didik atau santri itu berbeda. adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dan mendeskripsikan implikasi dari proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim dalam Membina Akhlak Santri di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kualitatif . penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang sifatnya mendeskripsikan hasil dari suatu penelitian. metodologi pengumpulan data yang digunakan adalah peneliti menggunakan teknik observasi nonpartisipasi, artinya dalam proses penelitian ini, peneliti tidak ikut serta dalam kegiatan, akan tetapi hanya berperan mengamati kegiatan proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Al-Islam Kemuja. pengumpulan data selanjutnya melalui wawancara terstruktur dan dokumentasai. dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Proses pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim di Pondok Pesantren Al-Islam kemuja ini dilaksanakan di Madrasah Slafiyah yakni Madrasah Salafiyah Wustho dan Ulya, pembelajaran ini terdapat di dalam mata pelajaran Akhlak dan setiap peretmuannya hanya memakan waktu 1 jam pelajaran. dalam proses pembelajaran terdapat sumber belajar berupa Kitab Ta’lim Muta’allim dan Terjemahanya. metode yang dipakai dalam proses pembelajaran ini adalah menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. dalam proses pembelajaran terdapat kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup. Pembelajran kitab Ta’lim Muta’allim sangat berpengaruh dalam dalam membina akhlak santri, terutama dalam Niat dalam menuntut ilmu, adab menuntut ilmu, adab kepada pendidik/ustadz, memilih teman, dan lain sebaginya sehingga mereka tau bagaimana berakhlak yang baik dan bisa menerapkannya dalam sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | proses pembelajaran; kitab ta’lim muta’allim; membina akhlak santri |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Septa Azzahra |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 05:39 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 05:39 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1627 |