Sugianti, Sugianti (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dalam mendidik kepribadian peserta didik di SMP Negeri 5 Toboali, Kabupaten Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911195.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (267kB) | Request a copy
BAB II_191195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (300kB) | Request a copy
BAB III_1911195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB) | Request a copy
BAB IV_1911195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB) | Request a copy
BAB V_1911195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (47kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911195.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Guru pendidikan agama Islam memiliki peranan penting untuk mendidik dan membimbing kepribadian peserta didik. Kepribadian peserta didik merupakan cerminan kualitas pendidikan yang bermutu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru pendidikan agama Islam dalam mendidik kepribadian peserta didik di SMP negeri 5 Toboali.
Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif yang bersifat deskriptif dengan subjek guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah, dan guru bimbingan konseling serta peserta didik. Pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan mereduksi data, pengajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa dalam mendidik kepribadian peserta didik dilaksanakan secara konsisten setiap hari. Guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Toboali berperan sebagai pendidik dengan memberikan pemahaman dan pengajaran mengenai pendidikan kepribadian, berperan sebagai teladan dengan memberikan contoh yang baik dalam bertingkah laku, dan berperan sebagai pembimbing dengan memberikan bimbingan dan arahan melalui program-program keagamaan dan sosial. Sedangkan hasil penelitian mengenai kendala yang dihadapi guru dalam mendidik kepribadian peserta didik yaitu, kurangnya kesadaran peserta didik, faktor pergaulan/teman sebaya, kurangnya dukungan dari orang tua, dan pengaruh media sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran; guru pendidikan agama islam; kepribadian |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sugianti Sugianti |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 04:41 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 04:41 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1623 |