Harahap, Puji Lestari (2023) Pembiasaan cinta Al-Qur’an dalam membentuk kecerdasan moral pada anak usia dini 3-5 tahun di RBQ (Rumah Baca Qur’an) Al-Hisan Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1912054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (336kB) | Request a copy
BAB II_1912054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (460kB) | Request a copy
BAB III_1912054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB) | Request a copy
BAB IV_1912054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (627kB) | Request a copy
BAB V_1912054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa pentingnya kecerdasan moral anak pada usia 3-5 tahun melalui pembiasaan cinta Al-Qur‟an, maka dari itu pembiasaan cinta Al- Qur‟an dapat menjadi awal pembiasaan yang baik untuk anak. Sehingga diharapkan pembiasaan cinta Al-Qur‟an dapat menjadi sumber terutama dalam terbentuknya kecerdasan moral anak, karena dengan adanya cinta Al-Qur‟an pada anak sejak dini sebagai bentuk agar moral maupun akhlak anak menjadi nilai-nilai Qur‟ani, dimana sekarang banyaknya terjadi kemorosotan moral akibat kurangnya peduli dengan pembiasaan yang baik untuk lingkungan anak terutama dengan Al-Qur‟an.
Penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian kualitatif metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara kepada kepala sekolah dan guru-guru yang terlibat. Serta diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan saat penelitian. Subjek penelitian terdapat 2 orang guru. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan moral anak melalui pembiasaan cinta Al-Qur‟an dilakukan dengan penerapan terlebih dahulu dimulai pengenalan tentang Al-Qur‟an diselingi dengan aktivitas mereka dengan bermain sambil belajar. Berikutnya juga ada tahapan perencanaan yang dilakukan dengan menyesuaikan jadwal dari awal semester seperti berdo‟a, murojaah, dan bernyanyi. Dan juga pada tahap pelaksanaannya yaitu berbaris dengan tertib, berdoa sebelum belajar, sholat duha, membaca dan menghafal Al-Qur‟an, dan makan bersama. Adapun tahap terakhir yaitu evaluasi. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pembiasaan cinta Al-Qur‟an kecerdasan moral anak usia 3-5 tahun dapat berkembang sesuai yang diharapkan yang dimana terlihat adanya perubahan sikap anak yang sebelumnya dengan setelah diterapkan cinta Al-Qur‟an pada anak seperti memiliki rasa empati kepada sesama, hormat dengan guru dan orangtua, berbuat baik kepada teman, dan sebagainya walaupun masih ada anak yang belum dan berproses dalam terbentuknya kecerdasan moral anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembiasaan; cinta al-qur’an; kecerdasan moral |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Puji Lestari Harahap |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 03:51 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 03:51 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1622 |