Binurdi, Binurdi (2023) Penerapan strategi pembelajaran afektif : Studi kasus pada guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Pertama Negeri sekecamatan Simpang Teritip. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1711028.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1711028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (440kB) | Request a copy
BAB II _1711028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (614kB) | Request a copy
BAB III_1711028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (213kB) | Request a copy
BAB IV_1711028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (894kB) | Request a copy
BAB V_1711028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (186kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1711028.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (210kB) | Request a copy
Abstract
Strategi pembelajaran aktif dapat diterapkan pada seluruh mata pelajaran, salah satunya melalui guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki peranan sangat penting dalam pengembangan kemampuan afektif siswa agar bertakwa dan beriman kepada Allah Swt. Melalui guru PAI, diharapkan siswa memiliki kemampuan afektif yang seimbang dengan kognitif dan menjadi orang yang berprilaku, bersikap, dan bernilai mulia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan strategi pembelajaran afektif dan menganalisis indikator yang digunakan dalam penerapan strategi pembelajaran afektif yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1, 3, dan 4 Simpang Teritip.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu model analisis interaktif dengan tahapan analisis data melalui mereduksi data, display data dan memverifikasi atau mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru Pendidikan Agama Islam di SMPN 1, 3, dan 4 Simpang Teritip telah menerapkan strategi pembelajaran afektif; dapat dilihat dari aspek tujuan pembelajaran, karakteristik siswa; tidak ada masalah, untuk kendala sumber belajar terutama alat bantu atau media pembelajaran yang modern memang masih menjadi kendala tersendiri, sedangkan karakteristik/ struktur bidang studi sudah dilakukan supervisi, monitoring dan evaluasi oleh kepala sekolah langsung pada saat jam pembelajaran di kelas. Masih ada kekurangan dalam kemampuan mengolah materi pembelajaran menjadi lebih menarik, berinovasi, masih kurang kreatif mengkombinasikan metode dan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi dan situasi kondisi siswanya. Secara keseluruhan dapat dikatakan cukup baik. Untuk upaya yang digunakan dalam penerapan strategi pembelajaran afektif dilakukan oleh guru PAI di SMP Negeri Simpang Teritip; perlu ditambah lagi sehingga pengembangan kemampuan afektif siswa dapat dicapai lebih mudah, lebih positif hasilnya. Diharapkan dalam penerapan strategi pembelajaran afektif guru PAI di SMPN 1, 3, dan 4 Simpang Teritip harus mampu mengolah materi pembelajaran, berinovasi, mampu mengkombinasi metode, dan jangan terlalu tergantung pada alat bantu pembelajaran jika belum lengkap dimiliki oleh sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran afektif; guru pendidikan agama Islam. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Binurdi Binurdi |
Date Deposited: | 19 Dec 2023 01:46 |
Last Modified: | 19 Dec 2023 01:46 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1619 |