Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi komunikasi pendidik dalam pembinaan akhlak peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di UPTD SDN 4 Mendo Barat

Lestari, Oetari Mama (2023) Strategi komunikasi pendidik dalam pembinaan akhlak peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti di UPTD SDN 4 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911127.pdf] Text
Halaman Awal_1911127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911127.pdf] Text
BAB I_1911127.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911127.pdf] Text
BAB II_1911127.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911127.pdf] Text
BAB III_1911127.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (118kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911127.pdf] Text
BAB IV_1911127.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911127.pdf] Text
BAB V_1911127.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911127.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911127.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (144kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Strategi komunikasi pendidik merupakan pemahaman antara beberapa gabungan kata yaitu strategi, komunikasi, dan juga pendidik. Demikian pula strategi komunikasi pendidik merupakan panduan perencanaan komunikasi pendidik dan manajemen komunikasi pendidik untuk mencapai tujuan yang telah diterapkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pendidik serta faktor pendukung dan penghambat strategi komunikasi dalam pembinaan akhlak peserta didik.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau (field research) , yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan ada beberapa tahap yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah yang ditempuh pendidik pendidikan agama Islam (PAI) dalam membina akhlak peserta didik di SDN 4 Mendo Barat adalah dengan mengenal khalayak, yang mana pendidik mengetahui kerangka referensi dan mengenal situasi dan kondisi peserta didik, menyusun pesan yang mana menentukan tema atau materi dengan menarik perhatian peserta didik, Adapun metode yang digunakan yaitu redundancy, informatif, persuasive, edukatif, koersif, dan media komunikasi. Langkah-langkah strategi komunikasi tersebut sangat penting dalam membentuk, membina dan mengarahkan peserta didik sehingga mampu menjadi peserta didik yang berakhlak mulia. Adapun faktor pendukung strategi komunikasi dalam pembinaan akhlak yaitu, adanya pembiasaan, rasa tanggung jawab guru pendidikan agama Islam, dukungan orang tua, dan lingkungan yang kondusif. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, dari diri peserta didik yang belum menanamkan akhlak yang baik, lingkungan keluarga dan kondisi lingkungan atau teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi komunikasi pendidik; pembinaan akhlak
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Oetari Mama Lestari
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:36
Last Modified: 18 Dec 2023 07:36
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item
View Item