Pratiwi, Preti (2023) Implementasi model pembelajaran berbasis higher other thingking skills (hots) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam pada murid kelas V di SDN 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911131.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (506kB)
BAB I_1911131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (247kB) | Request a copy
BAB II_1911131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (236kB) | Request a copy
BAB III_1911131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (310kB) | Request a copy
BAB IV_1911131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
BAB V_1911131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (90kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911131.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Pengembangan pembelajaran pada kurikulum 2013 berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Pendidikan Agama Islam mempunyai peranan penting dalam pembentukan watak dan pembinaan anak bangsa.
Permasalahan yang sering kali dijumpai dalam pengajaran, khususnya Pendidikan Agama Islam adalah mengenai bagaimana cara untuk menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh proses belajar-mengajar yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam meningkatkan Hasil Belajar PAI siswa kelas V di SDN 1 Mendo Barat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan ganda pre-test dan post-test, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus paired samples test dan uji kolmogrov smirnov t-test 2 sampel dengan rumus independent samples test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengunaan Model Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PAI Kelas V Di SDN 1 Mendo Barat yaitu : memberikan pengaruh yang lebih baik kepada proses pembelajaran seperti menarik perhatian peserta didik, lebih aktif dan antusias serta meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | higher order thinking skills (hots); hasil belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Preti Pratiwi |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 07:46 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 07:46 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1613 |