Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Digitalisasi UMKM dan pertumbuhan ekonomi

Ilyas, Rahmat and Hartono, Rudi (2023) Digitalisasi UMKM dan pertumbuhan ekonomi. Cetakan 1 ed. Shiddiq Press, Bangka, pp. 1-79. ISBN 978-623-94720-8-5 (In Press)

[thumbnail of full text] Text (full text)
Digitalisasi UMKM_OKK.pdf

Download (928kB)

Abstract

UMKM di Indonesia memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia. Saat ini UMKM merupakan salah satu alternatif lapangan kerja baru untuk mengurangi dampak pengangguran di Indonesia. Selain itu, UMKM juga memberi peran penting dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini berdasarkan kontribusi besar yang diberikan UMKM terhadap pendapatan daerah maupun pendapatan negara Indonesia. Usaha kecil masayarakat atau yang sering kita sebut UMKM merupakan bentuk usaha kecil yang pendiriannya berdasarkan inisiatif seseorang, yang memberikan lapangan kerja baru sehingga dapat menurunkan tingkat pengangguran di Indonesia.
Pengembangan UMKM berbasis digital menjadi salah satu alternatif penyelamatan sektor UMKM di masa pandemi Covid-19. Meski demikian selama ini pemerintah dengan Kementerian Koperasi dan UKM telah berusaha mendorong terjadi transformasi digital. Dengan begitu pandemi Covid-19 telah membuat tumbuhnya ekosistem kewirausahaan digital. Dalam konteks ini, kewirausahaan digital merupakan bentuk bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi digital, baik proses hingga pada pemasaran produk dan jasa. Dengan kata lain, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah kewirausahaan digital. Penggunaan aplikasi e-commerce dan pemanfaatan media sosial dalam pemasaran digital termasuk ranah kewirausaahan digital. Dengan demikian, masa depan kewirausahaan digital bisa menjadi salah satu sektor yang akan banyak memberikan kontribusi positif pada penguatan perekonomian Indonesia. Teknologi digital telah mengubah semua karakter dan sifat model kewirausahaan yang lebih berbasis digital.
Buku merupakan salah satu karya yang menggambarkan bagaimana pentingnya digitalisasi bagi pelaku UMKM yang berada di Indonesia, karena penerapan digitalisasi UMKM tidak hanya berkaitan dengan pembayaran akan tetapi juga berkaitan dengan pemasaran dan penjualan. Buku ini diharapkan dapat menjadi salah satu referensi bagi semua kalangan yang berkaitan dengan digitalisasi UMKM.

Item Type: Book
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
Divisions: Pascasarjana > Ekonomi Syariah (S2) > Karya Dosen
Depositing User: Rahmat Ilyas
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:38
Last Modified: 06 Oct 2023 06:41
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item
View Item