Tsabit, Irfan Zaid Ibnu (2023) Problematika peserta didik dalam pembelajaran fiqih berbasis kitab kuning kelas XI Madrasah Aliyah Al-Islam Kemuja. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1811090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (280kB) | Request a copy
BAB II_1811090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (534kB) | Request a copy
BAB III_1811090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (177kB) | Request a copy
BAB IV_1811090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (377kB) | Request a copy
BAB V_1811090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (87kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (124kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ditemukan beberapa masalah yang dialami oleh peserta didik dalam pembelajaran fiqih berbasis kitab kuning yang harus dikuasai dan dipahami oleh peserta didik khususnya di Madrasah Aliyah Al-Islam Kemuja baik itu tata cara membaca maupun memahami materi fiqih berbasis kitab kuning. Sebagian peserta didik yang belum mengerti dan memahami terkait materi dalam pembelajaran fiqih berbasis kitab kuning.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika peserta didik dalam pembelajaran fiqih berbasis kitab kuning kelas XI di Madrasah Aliyah Al-Islam adalah pendidik yang menggunakan metode pembelajaran selalu sama di setiap kelas, pendidik menyampaikan dan menjelaskan materi terlalu terburu-buru, pendidik yang kesulitan dalam mengemas dan menyajikan materi pelajaran, pendidik yang memberikan tugas dan hafalan terlalu banyak, latar belakang pendidikan peserta didik yang berdampak pemahaman dan pengetahuan peserta didik, motivasi dan minat belajar fiqih berbasis kitab kuning peserta didik yang kurang, peserta didik kelelahan dan mengantuk ketika di kelas, peserta didik yang pasif dan kurang percaya diri, sarana dan fasilitas serta sumber belajar yang kurang memadai. memperbaiki metode mengajar serta menyajikan dan menyampaikan materi pelajaran menggunakan video agar pembelajaran menarik dan menyenangkan. Solusi pihak madrasah dalam mengatasi problematika pembelajaran fiqih berbasis kitab kuning adalah mengevaluasi kinerja pendidik dan mengusahakan untuk menyediakan fasilitas yang lengkap untuk mendukung dan menunjang pembelajaran fiqih berbasis kitab kuning di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | problematika; peserta didik; pembelajaran; fiqih; kitab kuning |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.14 Ilmu Fikih/Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Irfan Zaid Ibnu Tsabit |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 01:27 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 01:27 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1608 |