Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengembangan game edukasi berbasis filter instagram sebagai media edutainment pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalpinang

Ramiwa, Novia (2023) Pengembangan game edukasi berbasis filter instagram sebagai media edutainment pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syeikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811140.pdf] Text
Halaman Awal_1811140.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1811140.pdf] Text
BAB I_1811140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811140.pdf] Text
BAB II_1811140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811140.pdf] Text
BAB III_1811140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811140.pdf] Text
BAB IV_1811140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811140.pdf] Text
BAB V_1811140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1811140.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1811140.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti sering kali siswa merasa bosan dan sulit fokus karena guru menjelaskan materi menggunakan media-media pada umumnya. Untuk itu, guru harus menyiapkan alternatif media pembelajaran yang lebih menarik, misalnya dengan menggunakan game edukasi edukasi berbasis filter Instagram sebagai media edutainment. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pengembangan dan untuk kelayakan game edukasi berbasis filter Instagram sebagai media edutainment.

Game edukasi berbasis filter Instagram ini dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Filter Instagram ini dibuat dengan menggunakan aplikasi Spark AR.

Kelayakan game edukasi berbasis filter Instagram ini diukur melalui uji praktikalitas dan uji efektifitas. Pada Uji praktikalitas didapatkan jumlah persentase kepraktisan secara keseluruhan yakni sebesar 86,41% berada di interval 76% - 100% yang dimana angka tersebut masuk dalam kategori “Sangat Praktis”. Hal itu menunjukkan bahwa media pembelajaran yang telah dikembangkan tersebut sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran. Kemudian pada uji efektivitas dilakukan uji kesamaan dua rata-rata (uji t). Data berdistribusi normal dan homogen serta jumlah sampelnya sama, maka uji beda (uji t) yang digunakan adalah Polled Varians. Hasil dari uji t menunjukkan bahwa, -t_hitung -12,517 < -t_(tabel ) 1,997, artinya H_0 ditolak H_a diterima (berpengaruh). Kemudian pengujian dengan kaidah taraf signifikansi didapatkan nilai signifikansi = 0.00, Jika nilai Sig 0.00 < α = 0,05, maka H_a diterima (berpengaruh). Sehingga terbukti bahwa media yang dikembangkan lebih efektif meningkatkan minat dan motivasi belajar daripada media yang lain pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII SMPN 1 Pangkalpinang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: game edukasi; filter instagram; edutainment; pendidikan agama Islam dan budi pekerti
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Novia Ramiwa
Date Deposited: 15 Dec 2023 09:18
Last Modified: 15 Dec 2023 09:18
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1605

Actions (login required)

View Item
View Item