Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Model dan problematika pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra

Sulistri, Sulistri (2023) Model dan problematika pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1911196.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1911196.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911196.pdf] Text
BAB I_1911196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (236kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911196.pdf] Text
BAB II_1911196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911196.pdf] Text
BAB III_1911196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911196.pdf] Text
BAB IV_1911196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911196.pdf] Text
BAB V_1911196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911196.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911196.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui Bagaimana Dasar(sumber-sumber) Pendidikan Islam, Tujuan Pendidikan Islam dan Karakteristik Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra. (2) Mengetahui Bagaimana Model dan Problematika Pendidikan Islam Menurut Azyumardi Azra.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data primernya, yaitu buku Azyumardi Azra terdiri dari 4 buku dan sumber data sekunder adalah Skripsi, Tesis, Artikel Online dan Jurnal. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diolah melalui proses analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial dan analisis tema kultural.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Menurut Azyumardi Azra Dasar (sumber-sumber) Pendidikan Islam adalah Al-Qur’an, sunnah Nabi, kata-kata sahabat, kemaslahatan masyarakat, nilai-nilai adat istiadat dan kebiasaan-kebiasaan sosial dan hasil-hasil pemikiran dalam Islam. Tujuan pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra yakni tujuan individual, tujuan sosial, dan tujuan profesional. Karakteristik Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra adalah Penguasaan Ilmu Pengetahuan, Pengembangan Ilmu Pengetahuan, penekanan pada nilai-nilai akhlak dalam penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, penguasaan dan pengembangan ilmu pengetahuan, penyesuaian kepada perkembangan anak, pengembangan kepribadian, dan penekanan pada amal saleh dan tanggung jawab. Sedangkan Model Pendidikan Islam menurut Azyumardi Azra adalah Pendidikan Surau, Pendidikan Pesantren, Pendidikan Madrasah dan Pendidikan Elit Muslim.

Posisi penelitian ini adalah melanjutkan penelitian terdahulu yaitu penelitian Muhammad Rizki menjelaskan Pendidikan Islam di Indonesia, Demokratisasi dan Modernisasi Pendidikan Islam. Afroyina Zulfa menjelaskan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam Di Era Globalisasi Dan Modernisasi dan Agus Prasetyo menjelaskan Neo-Modernisme dalam Pendidikan Islam. Sedangkan penelitian saya membahas melanjutkan tentang suasana pemikiran tokoh, kesangsian tokoh, sumber pemikiran tokoh dan pembaharuan pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: model dan problematika; pendidikan islam; azyumardi azra
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.9 Sejarah Pendidikan, Lokasi Geografis Tertentu Pendidikan, pendidikan komparatif, perbandingan pendidikan, Ahli Pendidikan, Tokoh Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Sulistri Sulistri
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:32
Last Modified: 15 Dec 2023 03:32
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1599

Actions (login required)

View Item
View Item