Liya, Liya (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan ibadah shalat berjamaah peserta didik di SMP Negeri 6 Satap Air Gegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1911094.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (764kB)
BAB 1_1911094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (197kB) | Request a copy
BAB II_1911094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (317kB) | Request a copy
BAB III_1911094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (94kB) | Request a copy
BAB IV_1911094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB) | Request a copy
BAB V_1911094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (78kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911094.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (143kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang saat ini tergelimang oleh arus media teknologi sehingga membuat mereka enggan atau lalai menjalankan ibadah shalat. Hasil penelitian ini diharapkan agar dapat efektifnya dalam pelaksanaan shalat berjamaah dan dipergunakan untuk pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Satap Air Gegas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran apa saja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan ibadah shalat berjamaah peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field risierd) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dikumpulkan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa Peran Guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 6 Satap Air Gegas ini dalam pembinaan ibadah shalat peserta didik sudah cukup baik dengan mengupayakan berbagai cara dengan melakukan pembinaan agar peserta didiknya mempunyai kesadaran terus menerus melaksanakan shalat berjamaah khususnya di sekolah walaupun ada beberapa peserta didik yang kurang disiplin dalam melaksanakan shalat berjamaah. Adapun faktor penghambat bagi guru Pendidikan Agama Islam dalam pembinaan ibadah shalat peserta didik yaitu kurangnya kesadaran dan motivasi dari dalam diri peserta didik itu sendiri, serta tebatasnya jam pelajaran Pendidikan Agama Islam yang hanya dua jam pelajaran dalam setiap minggunya padahal materi yang diajarkan cukup banyak
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru pai; pembinaan peserta didik; shalat berjamaah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Liya Liya |
Date Deposited: | 15 Dec 2023 02:20 |
Last Modified: | 15 Dec 2023 02:20 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1598 |