Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implikasi metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an anak kelas A di TK IT Sahabat Qur’an Koba

Hikmah, Mutial (2023) Implikasi metode Ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an anak kelas A di TK IT Sahabat Qur’an Koba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1912039.pdf] Text
Halaman Awal_1912039.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1912039.pdf] Text
BAB I_1912039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (181kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1912039.pdf] Text
BAB II_1912039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1912039.pdf] Text
BAB III_1912039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (160kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1912039.pdf] Text
BAB IV_1912039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (720kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1912039.pdf] Text
BAB V_1912039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (67kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1912039.pdf] Text
Daftar Pustaka_1912039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai Implikasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Anak Kelas A di TK IT Sahabat Qur’an Koba. Berdasarkan hasil observasi peneliti, bahwa di Kelas A TK IT Sahabat Qur’an Koba sudah menerapkan metode ummi di kelas A TK IT Sahabat Qur’an Koba. Dimana di kelas A ini anak-anak yang baru pertama kali belajar membaca Al-Qur’an dengan Metode ummi masih belum terlaksana dengan baik. Ada beberapa masalah dalam penerapan metode ummi ini di kelas A TK IT Sahabat Qur’an Koba yaitu saat baru pertama kali belajar membaca Al-Qur’an dengan Metode ummi anak-anak masih bingung karena baru pertama kali belajar. Anak-anak masih belum mengenal hukum tajwid sederhana, pelafalan makhraj huruf yang belum tepat, membaca dengan fashahah, dan membaca Al-Qur’an dengan irama naik turun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan Langkah-langkah membaca Al-Qur’an dengan metode ummi di kelas A TK IT Sahabat Qur’an Koba dengan Metode ummi dan juga impilikasi metode ummi dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an dengan Metode Ummi di kelas A TK IT Sahabat Qur’an Koba.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Studi kasus. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya informan dan data yang terkumpul kemudian dianlisis secara deskriptif dengan 3 tahapan yaitu melakukan reduksi data, menyajikan data, dan yang terakhir yaitu menarik kesimpulan.

Hasil yang diperoleh bahwa Implikasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Anak Kelas A di TK IT Sahabat Qur’an Koba ini sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah membaca Al-Qur’an sesuai dengan metode ummi yaitu: Anak mampu mengenal hukum tajwid sederhana, Anak mampu Membaca Al-Qur’an dengan fashahah, Anak mampu mengikuti membaca Al-Qur’an dengan irama/lagu, Anak mampu menyebutkan makhraj huruf dengan benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode ummi; kualitas membaca al-qur’an
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: mutial Hikmah
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:20
Last Modified: 13 Dec 2023 06:20
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1586

Actions (login required)

View Item
View Item