Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 2 Bangka

Ilma, Dzitni (2023) Pengaruh model pembelajaran quantum teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas VIII di MTs Negeri 2 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911044.pdf] Text
Halaman Awal_1911044.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (932kB)
[thumbnail of BAB I_1911044.pdf] Text
BAB I_1911044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (178kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911044.pdf] Text
BAB II_1911044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (229kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911044.pdf] Text
BAB III_1911044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911044.pdf] Text
BAB IV_1911044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911044.pdf] Text
BAB V_1911044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1911044.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1911044.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 2 Bangka merasa jenuh terhadap pembelajaran SKI dengan model pembelajaran ekspositori (ceramah dan tanya jawab) sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik menjadi rendah. Menurut Rahman dan Wardana model pembelajaran Quantum Teaching merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam. Perlu pembuktian model pembelajaran Quantum Teaching dapat direkomendasikan untuk meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka.

Penelitian ini menggunakan mixed methods atau metode kombinasi antara kualitatif dan kuantitatif. Metode kualitatif menggunakan analisis deskriptif. Sedangkan metode kuantitatif menggunakan Quasi Eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka dengan jumlah 62 orang peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 orang peserta didik yang dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol sebanyak 21 orang peserta didik. Instrument pengumpulan data dalam metode kualitatif menggunakan observasi, sedangkan untuk metode kuantitatif menggunakan tes yaitu Pretest (Tes Awal) dan Posttest (Tes Hasil Belajar). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis uji T pada data Pretest dan uji T pada data Posttest menggunakan Independent Sampel Test.

Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching memberikan pengaruh yang lebih baik kepada proses pembelajaran seperti menarik perhatian peserta didik menjadi lebih aktif dan antusias dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Didapatkan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 85,24 dan rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 80,24. Hal tersebut juga dibuktikan dengan dilakukan uji hipotesis pada data posttest diperoleh hasil 0,002 yang berarti Sig (2-trailed) < 0,05. Artinya ada pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VIII MTs Negeri 2 Bangka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: quantum teaching; hasil belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Dzitni Ilma
Date Deposited: 08 Dec 2023 06:54
Last Modified: 08 Dec 2023 06:54
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1578

Actions (login required)

View Item
View Item