Agusriana, Sindy (2023) Internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di MIN 1 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911178.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB 1_1911178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (944kB) | Request a copy
BAB II_1911178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (697kB) | Request a copy
BAB III_1911178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (320kB) | Request a copy
BAB IV_1911178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (477kB) | Request a copy
BAB V_1911178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911178.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (321kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai agama Islam dalam membentuk karakter religius peserta didik di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Bangka.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di Madrasah Ibtidayah Negeri 1 Bangka. Untuk pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara (interview) dan juga dokumentasi dengan menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan dan melukiskan data yang diperoleh.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman peserta didik mengenai nilai-nilai agama Islam sudah paham. Tetapi perlu adanya dukungan dari orang tua. Jika orang tua bisa menerapkan nilai-nilai tersebut kepada anak maka otomatis sejalan dengan yang diterapkan guru-guru. Beda halnya dengan orang tua yang kurang memberikan pembelajaran, anak-anak tidak terarah dan lalai. Dan guru-guru juga harus lebih keras lagi untuk memberikan pengajaran untuk membentuk peserta didik yang berakhlakul karimah pemahama. Dan proses internalisasi nilai-nilai agama Islam sendiri menggunakan dua cara yaitu langsung dan tidak langsung. Cara langsung bisa menggunakan beberapa cara yaitu pembiasaan, keteladanan, pengawasan sampai pemberian sanksi. Sedangkan cara tidak langsung melalui pemberian pengetahuan keagamaan di kelas. Untuk menuai hasil yang lebih maksimal pada proses internalisasi nilai-nilai agama Islam melalui beberapa metode diantarnya yaitu metode keteladanan, metode pembiasaan, metode transinternalisasi, metode nasihat dan pengawasan, metode kebutuhan, metode evaluasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | internalisasi; nilai-nilai agama Islam; karakter religius |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | SINDY AGUSRIANA |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 04:24 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 04:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1562 |