Septy, Silva (2023) Penanaman prinsip-prinsip moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Sriwijaya Pemali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _ 1911177 (1).pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _ 1911177.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (447kB) | Request a copy
BAB II _ 1911177.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
BAB III _ 1911177.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (239kB) | Request a copy
BAB IV _ 1911177.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (264kB) | Request a copy
Bab V _ 1911177.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (152kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _ 1911177.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (387kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Pada penelitian ini berawal dari permasalahan pada SDS Sriwijaya Pemali yang peserta didiknya memiliki bermacam-macam agama atau kepercayaan, seperti Konghucu, Islam, dan Kristen. Tentunya hal itu tidak terlepas dari perselisihan atau pertikaian. Penanaman prinsip-prinsip moderasi beragama merupakan langkah yang tepat untuk menciptakan kerukunan dan perdamaian, salah satunya melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penanaman prinsip-prinsip moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Sriwijaya Pemali, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman prinsip-prinsip moderasi beragama dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDS Sriwijaya Pemali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian data yang diperoleh dianalisis untuk memperoleh hasil tentang permasalahan penelitian.
Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti yaitu dalam menanamkan prinsip-prinsip moderasi beragama dilakukan melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yaitu mengenai wujud sikap adil dalam berteman, toleransi, dan keseimbangan dalam kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dari penanaman prinsip-prinsip moderasi beragama yaitu kekompakkan dari pihak sekolah yang memberikan pemahaman dan menanamkan moderasi beragama, ketersediaan sarana prasarana yang mendukung dalam penanamn prinsip-prinsip moderasi beragama. Sedangkan faktor penghambat berasal dari lingkungan sosial dan tontonan di media sosial yang tidak mendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | prinsip prinsip moderasi beragama; pendidikan agama Islam |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | SILVA SEPTY |
Date Deposited: | 06 Dec 2023 04:55 |
Last Modified: | 06 Dec 2023 04:55 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1560 |