Jumin, Jumin (2023) Penerapan multimedia interaktif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911081.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911081.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (327kB) | Request a copy
BAB II_1911081.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (545kB) | Request a copy
BAB III_1911081.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (292kB) | Request a copy
BAB IV_1911081.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (548kB) | Request a copy
BAB V_1911081.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911081.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Multimedia interaktif merupakan media sebagai alat untuk mencapai
tujuan pembelajaran. Di kelas VIII B SMP Negeri 1 Kelapa masih banyak peserta didik yang kurang aktif dan bermain-main dalam mengikuti pembelajaran. Dengan menggunakan multimedia interaktif seperti video dan powerpoint diharapkan pendidik mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik, sehingga tujuan pembelajaran yang dibuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dapat tersampikan dengan maksimal terkhusus peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 1 Kelapa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan multimedia interaktif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kelapa.
Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, yaitu penulis menggambarkan mengenai situasi dan kejadian dalam proses penerapan multimedia interaktif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kelapa. Dengan teknik Pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya, data yang terkumpul kemudian dibenturkan dengan teori-teori yang relevan agar didapat gambaran komprehensif atas kondisi obyektif. Serta teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan multimedia interaktif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kelapa sangat efektif dan efesien, dilihat dari keberhasilan dari nilai rata-rata peserta didik, pembelajaran menjadi lebih menarik, peserta didik menjadi lebih aktif dalam pembelajaran, materi pelajaran lebih mudah dipahami dan suasana kelas menjadi lebih kondusif. Prestasi belajar yang meliputi: aspek kognitif (pengetahuan), aspek afektif (sikap dan nilai) dan aspek psikomotorik (keterampilan).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | multimedia interaktif; prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Jumin Jumin |
Date Deposited: | 04 Dec 2023 04:11 |
Last Modified: | 04 Dec 2023 04:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1547 |