Nita, Ayu (2023) Implementasi pembiasaan membaca Al-Qur'an untuk mendisiplinkan peserta didik kelas V SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (750kB) | Request a copy
BAB II_1911027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (864kB) | Request a copy
BAB III_1911027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (340kB) | Request a copy
BAB IV_1911027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (752kB) | Request a copy
BAB V_1911027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (297kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911027.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (434kB) | Request a copy
Jurnal skripsi AYU NITA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (375kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai disiplin peserta didik dalam melaksanakan pembiasaan membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penerapan pembiasaan membaca Al-Qur’an dalam mendisiplinkan peserta didik dan untuk memberikan informasi tentang Proses Implementasi pembiasaan membaca Al-Quran sebelum belajar untuk mendisiplinkan peserta Didik Kelas V SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung ini memberikan manfaat yang besar bagi siswa dan mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi pembiasaan membaca Al-Quran Kelas V SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung.
Jenis penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitiannya menunjukkan yaitu:(1)Proses Implementasi pembiasaan membaca Al-Quran di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung dimulai dengan peserta didik datang kesekolah sebelum jam 07.00 WIB, sebelum melaksanakan membaca Al-Qur’an peserta didik diwajibkan untuk berwudhu di sekolah atau pada saat di rumah masing-masing. Setelah itu tidak lupa membaca Al-fatihah secara bersama-sama, peserta didik membaca ayat suci Al-Qur’an dengan bergantian menggunakan microfon. Biasanya yang membacakan ayat suci Al-Qur’an menggunakan microfon akan dipimpin oleh tingkatan kelas tinggi dengan dibimbing guru tahfidz maupun guru Al Islam. Peserta didik untuk tingkatan kelas bawah seperti kelas 1 dan kelas 2 tetap membawa Al-Qur’an tetapi hanya mendengarkan dan menyimak bacaan pada saat dilaksanakannya kegiatan membaca Al-Qur’an. Pembiasaan ini tidak hanya dilakukan di mushola tetapi di dalam kelas sambil menunggu guru mata pelajaran masuk kelas peserta didik juga di arahakan untuk murojaah atau membaca Ayat Suci Al-Qur’an secara bersama-sama. Setelah melaksanakan membaca Al-Qur’an peserta didik juga mengerjakan sholat dhuha secara bersama-sama yang dipimpin oleh guru tahfidz
(2) faktor pendukung dalam penerapan pembiasaan membaca Al-Qur’an di SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung antara lain: adanya dukungan dari orang tua, lingungan sekolah yang cukup kondusif, nyaman, dukungan penuh dari kepala sekolah, guru-guru dan peserta didik antusias dalam melaksanakan pembiasaan membaca Al-Qur’an Sedangkan faktor penghambatnya antara lain yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pembiasaan; membaca Al-Qur’an dan disiplin |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | AYU NITA |
Date Deposited: | 23 Nov 2023 03:28 |
Last Modified: | 23 Nov 2023 03:28 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1524 |