Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VII di MTS Negeri 2 Bangka

Ramadhani, Endes (2023) Pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa kelas VII di MTS Negeri 2 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911047.pdf] Text
Halaman Awal_1911047.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911047.docx] Text
BAB I_1911047.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (38kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911047.docx] Text
BAB II_1911047.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911047.docx] Text
BAB III_1911047.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (53kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911047.docx] Text
BAB IV_1911047.docx - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911047.docx] Text
BAB V_1911047.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (22kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1911047.docx] Text
DAFTAR PUSTAKA_1911047.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (27kB) | Request a copy
[thumbnail of jurnal Endes.docx] Text
jurnal Endes.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (37kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:

Pembelajaran Akidah Akhlak pada dasarnya dimaksudkan untuk membentuk perilaku siswa yang baik dan terpuji, yaitu untuk mewujudkan manusia yang rajin beribadah, jujur, disiplin, toleransi, tanggungjawab, menjaga keharmonisan secara personal dan sosial serta menciptakan suasana yang damai dan tentram. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran Akidah Akhlak terhadap perilaku sosial siswa di MTS Negeri 2 Bangka dan untuk mengetahui seberapa besar pembelajaran akidah akhlak terhadap perilaku sosial siswa di MTS Negeri 2 Bangka.

Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dari penelitian ini sebanyak 105 siswa. Adapun teknik penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh hasil sampel sebanyak 51 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket (Questionnaire), dengan analisis regresi menggunakan regresi linier sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku sosial siswa di MTS Negeri 2 Bangka. Hal ini berdasarkan hasil uji regresi sederhana yang diperoleh dari nilai thitung sebesar 2,703 dan nilai sig sebesar 0,000. Pada derajat bebas df = 51-2 = 49, nilai ttabel yang didapat yaitu sebesar 1,676. Maka dapat disimpulkan bahwa thitung > ttabel (2,703 > 1,676) dan nilai sig < 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan hasil tersebut diatas maka Ha diterima dan otomatis HO ditolak, artinya terdapat pengaruh antara pembelajaran akidah akhlak (X) terhadap perilaku sosial (Y) siswa kelas VII di MTS Negeri 2 Bangka. Kemudian untuk Nilai R Square sebesar 37,3%. Artinya bahwa pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yaitu sebesar 37,3% dan sisanya 62,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dijadikan variabel.

Kata Kunci: Pembelajaran Akidah Akhlak, Perilaku sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran akidah akhlak; perilaku sosial
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Unnamed user with email endesendes470@gmail.com
Date Deposited: 21 Nov 2023 02:43
Last Modified: 21 Nov 2023 02:43
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item
View Item