Sari, Maya Yovita (2023) Pengaruh kemudahan, risiko, dan kualitas layanan digital Banking terhadap kepuasan nasabah bertransaksi pada Bank Syariah Indonesia KC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1931060.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1931060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (511kB) | Request a copy
BAB II_1931060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (550kB) | Request a copy
BAB III_1931060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (409kB) | Request a copy
BAB IV_1931060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (980kB) | Request a copy
BAB V_1931060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (198kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1931060.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (494kB) | Request a copy
Abstract
Seiring dengan perubahan dari sistem lama menjadi serba digital, memunculkan faktor yang berpotensi mempengaruhi kepuasan nasabah. Perlu adanya uji coba kelayakan pada perubahan sistem bagaimana dampaknya terhadap sejumlah bidang. Penelitian ini bertujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam menggunakan jasa bank. Beberapa faktor yang relevan terhadap kepuasan nasabah yaitu kemudahan layanan, risiko layanan, dan kualitas layanan. Dengan memahami faktor-faktor ini, perbankan dapat mengidentifikasi area peningkatan layanan, mengurangi risiko, dan meningkatkan kepuasan nasabah dalam penggunaan layanan digital banking.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21.032 nasabah peneliti menggunakan metode Rancangan Sampel Probalitas (Probality Sampling Design), dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling penentuan sampel menggunakan rumus slovin dengan taraf sig 10%. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner yang akan disebar kepada 100 responden Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikorelasi, uji heterokedastisitas, setra uji hipotesis berupa uji t, uji f, uji koefisien determinasi. Peneliti menggunakan bantuan aplikasi SPSS 26.0 untuk mengolah data.
Hasil penelitian ini yaitu bahwa kemudahan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil thitung (3,600 > 1,650), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima atau jika melihat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,1. Risiko tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan dengan hasil thitung (0,291 < 1,650), sehingga Ha ditolak dan H0 diterima atau jika melihat signifikansinya sebesar 0,772 > 0,1. Sedangkan kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan hasil thitung (8,353 > 1,650), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima atau jika melihat signifikansinya sebesar 0,000 < 0,1. Pada uji simultan ternyata ketiga variabel X1, X2,X3 secara bersama sama berpengaruh terhadap variabel Y dengan nilai sig 0,000< 0,1 dan fhitung 59,941 > ftabel 3,02. Hal tersebut membuktikan bahwa Ho4 ditolak dan Ha4 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kemudahan; risiko, kualitas layanan; kepuasan nasabah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Maya Yovita Sari |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 05:14 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 05:14 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1492 |