Yulianti, Dwi (2023) Pengaruh nisbah bagi hasil dan kualitas pelayanan produk deposito mudharabah terhadap loyalitas nasabah di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Cabang Tanjungpandan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1931024.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_1931024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (420kB) | Request a copy
BAB II_1931024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (533kB) | Request a copy
BAB III_1931024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (485kB) | Request a copy
BAB IV_1931024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (669kB) | Request a copy
BAB V_1931024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (45kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1931024.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (249kB) | Request a copy
Abstract
BPRS merupakan lembaga yang kegiatan operasional dan produknya dikembangkan berdasarkan prinsip syariah. Deposito mudharabah merupakan salah satu akad yang ditawarkan BPRS Cabang Tanjungpandan kepada nasabahnya. Dalam penerapan nisbah bagi hasil di BPRS Cabang Tanjungpandan lebih rendah dibandingkan dengan Bank Pengkreditan Rakyat yang memiliki suku bunga. Kualitas pelayanan merupakan bentuk penilaian nasabah terhadap pelayanan yang diterima dengan yang diharapkan. Kualitas pelayanan di BPRS Cabang Tanjungpandan sudah baik akan tetapi belum maksimal, karena belum menggunakan pelayanan yang prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nisbah bagi hasil dan kualitas pelayanan produk deposito mudharabah terhadap loyalitas nasabah di BPRS Cabang Tanjungpandan.
Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dengan jenis data primer, populasi nasabah berujumlah 246 dengan sampel berjumlah 146 responden. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dengan model penelitian regresi dan instrumen penelitian olah data menggunakan (SPSS 26.0). Penelitian ini menggunakan skala likert dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian diuji secara validitas dan reliabilitas, dengan teknik analisis data berupa uji normalitas, uji multikulonieritas, dan heterokedastisitas. Uji hipotesis penelitian ini berupa uji koefisien determinasi, uji F, Uji t, dan menggunakan analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan, pertama, terdapat pengaruh positif variabel nisbah bagi hasil produk deposito mudharabah terhadap loyalitas nasabah di BPRS Cabang Tanjungpandan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar (1,893)>(1,65558) t tabel, sehingga jelas H1 diterima, atau jika melihat nilai Sig sebesar 0,040<0,05. Kedua, terdapat pengaruh positif variabel kualitas pelayanan produk deposito mudharabah terhadap loyalitas nasabah di BPRS Cabang Tanjungpandan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai t hitung sebesar (10,195) > (1,65558) t tabel, sehingga jelas H2 diterima, jika melihat nilai sig sebesar 0,00<0,05. Ketiga, terdapat pengaruh positif secara simultan variabel nisbah bagi hasil dan kualitas pelayanan produk deposito mudharabah terhadap loyalitas nasabah di BPRS Cabang Tanjungpandan. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai F hitung sebesar (98,042)>(3,06) sehingga jelas H3 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | deposito mudharabah; nisbah bagi hasil; kualitas pelayanan; loyalitas nasabah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dwi Yulianti |
Date Deposited: | 30 Oct 2023 09:03 |
Last Modified: | 30 Oct 2023 09:03 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1459 |