Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas pesan dakwah pada akun instagram (@ustadzabdulsomad_officials dalam membentuk akhlak mahasiswa KPI angkatan 2020

Lina, Lina (2023) Efektivitas pesan dakwah pada akun instagram (@ustadzabdulsomad_officials dalam membentuk akhlak mahasiswa KPI angkatan 2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1922020.pdf] Text
Halaman Awal_1922020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB 1 1922020.pdf] Text
BAB 1 1922020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[thumbnail of BAB II 1922020.pdf] Text
BAB II 1922020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)
[thumbnail of BAB III 1922020.pdf] Text
BAB III 1922020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[thumbnail of BAB IV 1922020.pdf] Text
BAB IV 1922020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[thumbnail of BAB V 1922020.pdf] Text
BAB V 1922020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA 1922020.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA 1922020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)

Abstract

Media sosial menjadi salah satu media paling banyak digunakan, dengan kemudahan akses yang didapatkan membuat masyarakat sering menggunakan kapan saja dan dimana saja, Banyak Organisasi atau komunitas memanfaatkan media sosial sebagai sarana untuk berdakwah. Salah satunya yaitu media sosial Instagram yang banyak digunakan sebagai sarana penyaluran pesan melalui unggahan postingan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pesan dakwah Instagram @ustadzabdulsomad officials berpengaruh terhadap akhlak mahasiwa KPI angkatan 2020.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk google form yang diberikan kepada 36 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Dalam pengolahan dan analisis data menggunakan software IBM SPSS Statistic Versi 22.0.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah l'eori Uses and Gratification oleh Herbert Blumer dan Elihu Katz. Teori ini berasumsi pengguna media memainkan pesan aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut

Hasil penelitian ini terdapat pengaruh efektivitas pesan dakwah pada akun Instagram @ustadzabdulsomad officials dalam membentuk akhlak mahasiswa KPI angkatan 2020, dibuktikan dari koefisien regresi sebesar 0,433 dengan nilai sebesar 4, 157 yang berarti tinggi rendahnya akhlak mahasiswa dapat dijelaskan melalui pesan dakwah

Instagram @ustadzabdulsomad_officials. Sehingga efektivitas pesan

dakwah pada akun Instagram Ustadz Abdul Somad efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pesan dakwah;instagram;ustadz abdul somad.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Depositing User: Lina Lina Lina
Date Deposited: 27 Oct 2023 01:25
Last Modified: 27 Oct 2023 04:26
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item
View Item