Septio, Septio (2023) Implementasi konseling individu terhadap santri madrasah tsanawiyah yang melangar disiplin Pondok Pesantren Nurul Falah Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1921045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (5MB)
BAB I_1921045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (437kB)
BAB II_1921045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (457kB)
BAB III_1921045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (368kB)
BAB IV_1921045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (362kB)
BAB V_1921045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB)
Daftar Pustaka_1921045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (382kB)
Abstract
INDONESIA:
Skripsi ini berfokus pada implementasi konseling individu terhadap santri madrasah tsanawiyah yang melanggar disiplin pondok pesantren Nurul Falah Bangka Tengah. Permasalahan terkait disiplin, masih banyak ditemui hingga saat ini. diantara permasalahan terkait disiplin yaitu santri tidak sholat berjamaah, tidak menggunakan bahasa indonesia serta bahasa arab, keluar tanpa izin, membawa HP, dan bolos sekolah. Penelitian dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Air Mesu Timur Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah, dalam konteks penerapan konseling individu terhadap santri madrasah tsanawiyah yang melanggar disiplin. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses implementasi konseling individu dan faktor yang mempengaruhi santri melanggar disiplin pondok.
Dari segi penelitian, jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi kata, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh dari 4 sumber data primer yang diperoleh dari wakil kesiswaan, pengasuh, serta beberapa santri dan data sekunder yang diperoleh dari arsip, file dan buku yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa implementasi dan konseling individu terhadap santri madrasah tsanawiyah yang melanggar disiplin pondok yakni ada beberapa tahapan dalam proses konseling individu antara lain: tahap awal, tahap pertengahan, dan tahap akhir. Faktor yang mempengaruhi santri antra lain: demotivasi, teman sebaya dan malas. Konseling individu berperan sangat penting dalam membina, mendidik, membentuk sikap santri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | implementasi; konseling individu; disiplin |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Septio Septio |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 09:03 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 09:03 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1371 |