Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Qur’an di SMA Negeri 4 Pangkalpinang

Safitri, Safitri (2022) Implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Qur’an di SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811185.pdf] Text
Halaman Awal_1811185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (966kB)
[thumbnail of BAB I_1811185.pdf] Text
BAB I_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811185.pdf] Text
BAB II_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811185.pdf] Text
BAB III_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811185.pdf] Text
BAB IV_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811185.pdf] Text
BAB V_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1811185.pdf] Text
Daftar Pustaka_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas tentang implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran di SMA Negeri 4 pangkalpinang. Pokok masalah yang dibahas yaitu tentang bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran dan mengapa gerakan literasi dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran itu penting.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran, (2) untuk mengetahui pentingnya gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran di SMA Negeri 4 Pangkalpinang.

Jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian kualitatif deskriptif di tunjukan untuk mendeskripsikan atau memaparkan suatu keadaan dan fenomena-fenomena dengan ada adanya yang sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu terdiri dari 1 orang waka humas,1 orang ketua literasi, i orang guru mata pelajaran, dan peserta didik. Sedangkan analisis datanya yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kegiatan program literasi Al-Quran yaitu melalui tahapan pelaksanaan dimulai dari penetapan jadwal kegiatan literasi Al-Quran, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan literasi Al-Quran dan yang terlibat dalam kegiatan literasi Al-Quran. Kegiatan literasi Al- Quran memberikan dampak yang baik pada peserta didik. Hasil kegiatan literasi Al-Quran pada peserta didik yaitu dengan kegiatan literasi Al-Quran dapat menambah minat peserta didik dalam membaca Al-Quran dan dapat meningkatkan keterampilannya dalam membaca Al-Quran, kegiatan literasi Al- Quran memberikan motivasi kepada peserta didik dalam membudidayakan membaca Al-Quran dan kegiatan literasi Al-Quran memberikan pendidikan akhlak yang baik terhadap peserta didik dengan ayat yang dibaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: literasi; gerakan literasi sekolah; keterampilan; al-quran
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: safitri safitri
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:31
Last Modified: 18 Oct 2023 08:31
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1368

Actions (login required)

View Item
View Item