Safitri, Safitri (2022) Implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Qur’an di SMA Negeri 4 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (966kB)
BAB I_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (171kB) | Request a copy
BAB II_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (462kB) | Request a copy
BAB III_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB) | Request a copy
BAB IV_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (332kB) | Request a copy
BAB V_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (206kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini membahas tentang implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran di SMA Negeri 4 pangkalpinang. Pokok masalah yang dibahas yaitu tentang bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran dan mengapa gerakan literasi dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran itu penting.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana implementasi gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran, (2) untuk mengetahui pentingnya gerakan literasi sekolah dalam meningkatkan keterampilan baca Al-Quran di SMA Negeri 4 Pangkalpinang.
Jenis penelitian kualitatif deskriptif yang mana penelitian kualitatif deskriptif di tunjukan untuk mendeskripsikan atau memaparkan suatu keadaan dan fenomena-fenomena dengan ada adanya yang sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu terdiri dari 1 orang waka humas,1 orang ketua literasi, i orang guru mata pelajaran, dan peserta didik. Sedangkan analisis datanya yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa proses kegiatan program literasi Al-Quran yaitu melalui tahapan pelaksanaan dimulai dari penetapan jadwal kegiatan literasi Al-Quran, waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan literasi Al-Quran dan yang terlibat dalam kegiatan literasi Al-Quran. Kegiatan literasi Al- Quran memberikan dampak yang baik pada peserta didik. Hasil kegiatan literasi Al-Quran pada peserta didik yaitu dengan kegiatan literasi Al-Quran dapat menambah minat peserta didik dalam membaca Al-Quran dan dapat meningkatkan keterampilannya dalam membaca Al-Quran, kegiatan literasi Al- Quran memberikan motivasi kepada peserta didik dalam membudidayakan membaca Al-Quran dan kegiatan literasi Al-Quran memberikan pendidikan akhlak yang baik terhadap peserta didik dengan ayat yang dibaca.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | literasi; gerakan literasi sekolah; keterampilan; al-quran |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | safitri safitri |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 08:31 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 08:31 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1368 |