Novriandi, Rahmat Nugraha (2023) Studi fenomenologi efektifitas program tahfidz Al-Qur’an di SDIT At-Tauhid Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Depan_1611123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1611123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (405kB) | Request a copy
BAB II_1611123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (687kB) | Request a copy
BAB III_1611123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (314kB) | Request a copy
BAB IV_1611123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (613kB) | Request a copy
BAB V_1611123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (10kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1611123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Program tahfidz merupakan pembelajaran yang banyak digunakan sekolah Islam khususnya pada jenjang SD Terpadu. Terdapat beberapa hal penting untuk dicermati dalam pembelajaran program tahfidz yaitu: Pertama, memahami bagaimana efektivitas pembelajaran tahfidz di SDIT At-Tauhid Pangkalpinang, kedua, memahami apakah faktor pendukung dan penghambat hafalan siswa pada program tahfidz di sekolah ini, ketiga, mengetahui pendapat siswa mengenai pembelajaran daring. Penelitian Ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hasil penelitian ini mengungkapkan temuan bahwa dalam efektifitas menghafal Alquran cukup efektif, karena cara yang satu dengan cara yang lain sangat berkaitan dalam proses menghafal Alquran sehingga tujuan yang diinginkan tercapai. Faktor pendukung dalam menghafal Alquran adalah faktor usia, kecerdasan yang tinggi, faktor motivasi dan dukungan orang tua, minat dan tujuan, lingkungan yang baik, teman. faktor penghambat dalam menghafal alquran adalah jadwal belajar yang harus di ikuti siswa, kurang maksimal dalam manajemen waktu, Banyak cara yang dilakukan oleh guru agar pembelajaran tahfidz efektif salah satunya adalah selalu mengontrol dan mengingatkan siswa/siswi agar senantiasa menghafal dengan dengan baik dan rajin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | efektifitas; tahfidz; fenomenologi |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.3 Ibadah Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Rahmat Nugraha Novriandi |
Date Deposited: | 18 Oct 2023 10:24 |
Last Modified: | 18 Oct 2023 10:24 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1365 |