Riswanto, Riswanto (2023) Implementasi teori pembelajaran behavioristik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan displin belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Payung Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
BAB I_1611158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (801kB)
BAB II_1611158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (933kB)
BAB III_1611158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (436kB)
BAB IV_1611158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
BAB V _1611158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (223kB)
Daftar Pustaka_1611158.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (657kB)
Abstract
INDONESIA :
Untuk mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi para siswa pada pembelajaran sekarang ini guru Pendidikan Agama Islam dituntut untuk memiliki kompetensi yang tinggi dan profesional di bidangnya, menggunakan strategi, metode, media pembelajaran sesuai dengan materi ajarnya, harus menggunakan sumber belajar dan pengelolaan kelas yang
inovatif, variatif, dan kreatif serta menggunakan teori pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran tercapai dengan efektif dan baik. Guru PAI juga dituntut untuk mengubahperilaku para siswa yang negatif dengan menggunakan teori pembelajaran behavioristik.
Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan teknik analisis data yaitu model analisis interaktif dengan tahapan analisis data melalui mereduksi data, display data dan memverifikasi atau mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi teori pembelajaran behavioristik guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Payung Bangka Selatan; bisa dilihat dan dinilai dari aspek penguatan positif dan negatif sudah dilakukan dengan baik meskipun belum kelihatan maksimal hasilnya. Aspek shapping
bagi siswa yang memiliki perilaku baik, berkarakter baik, dan kemampuan positif harus diberikan penguatan, hadiah, pujian, tambahan nilai, sedangkan berperilaku negatif harus dinasehati, diberikan arahan yang baik, diberikan teguran bahkan sanksi yang bersifat
mendidik. Aspek pendekatan suksesif sudah cukup baik meskipun hasilnya belum maksimal. Aspek extinction sudah berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan lagi. Aspek chaining of response masih sering diabaikan memberikan reward kepada siswa bersifat dan berperilaku baik serta berprestasi. Aspek jadwal penguatan kurang mampu menarik dan
memotivasi siswa untuk melakukan perubahan lebih positif lagi perilaku, nilai dan tata krama, sopan santunnya masih rendah dibandingkan kemampuan kognitif, psikomotorik. Sedangkan hambatan dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMPN 5 Payung;
ada faktor internal siswa, eksternal, dan faktor pendekatan pembelajaran kurang mampu mengolah materi pembelajaran, berinovasi, dan kurang kreatif mengkombinasikan strategi, metode dan media pembelajaran sesuai materi. Guru PAI diharapkan bisa meningkatkan hasil belajar siswa dengan mengolah materi pembelajaran, berinovasi, kreatif mengkombinasikan
strategi, metode dan media pembelajaran sesuai materinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | : teori pembelajaran behavioristik; hasil belajar siswa. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Riswanto Riswanto |
Date Deposited: | 17 Oct 2023 07:45 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1346 |