Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peran guru bimbingan Konseling dalam pelaksanaan remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar Peserta Didik di SMK Negeri 3 Pangkalpinang

Anwar, Khoiri (2023) Peran guru bimbingan Konseling dalam pelaksanaan remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar Peserta Didik di SMK Negeri 3 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1815036.pdf] Text
Halaman Awal_1815036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (0B)
[thumbnail of BAB l_1815036.pdf] Text
BAB l_1815036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (459kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1815036.pdf] Text
BAB II_1815036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (497kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1813036.pdf] Text
BAB III_1813036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (444kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1815036.pdf] Text
BAB IV_1815036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1815036.pdf] Text
BAB V_1815036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1815036.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1815036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (216kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap peran guru BK dalam pelaksanaan remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMK Negeri 3 Pangkalpinang. Penelitian ini dilakukan atas hasil kajian dan pengamatan atas proses peran guru BK dalam membantu pelaksanaan remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMK Negeri 3 Pangkalpinang oleh guru BK banyaknya peserta didik yang mengalami kesulitan belajar, dan tidak mengikuti kegiatan remedial teaching meskipun sudah diinfokan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam pelaksanaan remedial teaching dan faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan konseling dalam pelaksanaan remedial teaching di SMK Negeri 3 Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang memberikan hasil pengumpulan data digunakan peneliti berupa wawancara dengan guru BK dan dengan guru mata pelajaran. Observasi dalam bentuk non partisipan, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan uji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru bimbingan konseling dalam pelaksanaan remedial teaching untuk mengatasi kesulitan belajar peserta didik di SMK Negeri 3 Pangkalpinang menggunakan bentuk layanan bimbingan konseling individu, pemberian motivasi, dan home visit (kunjungan rumah). Dari hasil proses pemberian layanan konseling individual, pemberian motivasi, dan home visit ini yang terlihat lebih maksimal menggunakan layanan bimbingan menggunakan bentuk layanan konseling individu dari pada menggunakan layanan konseling kelompok Oleh karena itu peserta didik yang bermasalah diberikan tindak lanjut bimbingan konseling individual, pemberian motivasi, dan home visit dengan menggunakan bentuk layanan konseling secara individu serta bekerja sama dengan wali murid. Faktor yang mempengaruhi peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan remedial teaching yaitu terdiri dari, Faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu guru BK memberikan bimbingan konseling individual, pemberian motivasi terhadap peserta didik, melakukan kegiatan home visit, guru BK bekerjasama dengan orangtua peserta didik, dan fasilitas sarana dan prasarana yang lengkap. Sedangkan faktor penghambat peran guru BK yaitu terdapat beberapa peserta didik yang tidak berkontribusi dalam pelaksanaan remedial teaching, dan lingkungan peserta didik yang tidak mendukung, seperti orangtua, teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peran guru BK; remedial teaching; kesulitan belajar
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Khoiri Anwar
Date Deposited: 17 Oct 2023 03:27
Last Modified: 17 Oct 2023 03:27
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1337

Actions (login required)

View Item
View Item