Meiliandari, Annisa (2023) Implementasi Media Clay dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Pembina Pangkalbalam. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1912006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (341kB) | Request a copy
BAB II_1912006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (488kB) | Request a copy
BAB III_1912006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (309kB) | Request a copy
BAB IV_1912006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (743kB) | Request a copy
BAB V_1912006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (402kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa pentingnya peningkatan kemampuan kreativitas dalam perkembangan kognitif terhadap anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan menggunakan media clay. Dengan demikian, disebabkan pengembangan media clay yang terjadi pada anak belum berkembang dan anak belum dapat menguasai kemampuan kognitif kecerdasan dan kelancaran dalam berfikir. Selain itu dalam mengembangkan kreativitas anak sudah sedikit mencapai hampir keseluruhan berkembang sesuai dengan harapan. Oleh karena itu, penelitian ini menjelaskan implementasi media clay dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Pembina Pangkalbalam.
Penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu penelitian kualitatif dengan metode pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu wawancara mendalam kepada kepala sekolah yang peneliti teliti dan 2 guru kelas. Serta diperkuat dengan observasi dan dokumentasi kegiatan yang ada saat penelitian. Subjek penelitian yaitu anak perempuan 5 peserta didik dan anak laki-laki 4 peserta didik. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa implementasi media clay dalam mengembangkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Pembina Pangkalbalam yaitu menunjukan adanya keberhasilan dengan adanya peningkatan secara bertahap pada kemampuan anak dalam kegiatan membentuk menggunakan clay. Peningkatan kreativitas dalam kegiatan membentuk menggunakan clay terlihat dari indikator yang meliputi aspek perkembangan anak. Peningkatan kemampuan anak dalam kegiatan membentuk menggunakan clay dalam pelaksanaan Berkembang Sesuai Harapan, anak dinyatakan dalam indikator mulai konsisten dalam kegiatan belajar dan mendapat bintang 3 skornya 70-79.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media clay; anak usia 4-5 tahun; mengembangkan kreativitas pada Anak |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 700 Seni, seni rupa, kesenian > 707 Pendidikan, penelitian, topik terkait bidang kesenian dan karya seni 700 - Seni dan Rekreasi > 730 Seni patung, keramik dan kerajinan logam > 730 Seni patung dan terkait |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Annisa Meiliandari |
Date Deposited: | 09 Oct 2023 06:10 |
Last Modified: | 09 Oct 2023 06:10 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1262 |