Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas layanan informasi melalui media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Muhajirin Koba

Dianto, Sigit (2023) Efektivitas layanan informasi melalui media audio visual untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas 11 di Madrasah Aliyah Muhajirin Koba. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1815069_organized.pdf] Text
Halaman Awal_1815069_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1815069.pdf] Text
BAB I_1815069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1815069.pdf] Text
BAB II_1815069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1815069.pdf] Text
BAB III_1815069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (341kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1815069.pdf] Text
BAB IV_1815069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1815069.pdf] Text
BAB V_1815069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (61kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1815069.pdf] Text
Daftar Pustaka_1815069.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Layanan informasi bertujuan memberikan pemahaman kepada setiap siswa tentang berbagai hal yang diperlukan dalam rangka proses belajar mengajar di sekolah. Informasi terkait dengan proses belajar mengajar ini meliputi informasi tentang peralatan apa saja yang dibutuhkan, tujuannya memberikan pembelajaran yang efektif, dan memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, maupun berbagai hal yang berkaitan dalam pendidikan.

Namun ada beberapa faktor yang mempengaruhi kurangnya minat belajar siswa, yang terjadi di MA Al Muhajirin Koba diantaranya seperti belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran, motivasi belajar rendah, serta kurangnya minat belajar, kurangnya minat belajar siswa di sekolah ini menjadi perhatian serius, mengingat dampak negatifnya terhadap prestasi akademik siswa dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektivan penggunaan layanan informasi untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 sampel, 20 sampel dari kelas eksperimen dan 20 sampel dari kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Analis data yaitu uji hipotesis dengan menggunakan uji paired sample test.

Hasil dari penelitian ini bahwa layanan informasi melalui media audio visual efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis pada tabel diatas bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05 maka dikatakan Ho ditolak, dan nilai sig 0,000 > 0,05 maka dikatakan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penerapan layanan informasi melalui audio visual efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah AL Muhajirin Koba.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Tujuan Intrujsional; Materi Pembelajaran; Metode Pembelajaran; Interaksi Edukatif Guru dengan Siswa
Keywords: layanan informasi; media audio visual; minat belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: SIGIT DIANTO
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:24
Last Modified: 05 Oct 2023 01:24
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1225

Actions (login required)

View Item
View Item