Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMA Negeri 1 Tempilang

Alek, Alek (2023) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMA Negeri 1 Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1811010.pdf] Text
Halaman Awal_1811010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (874kB)
[thumbnail of BAB I_1811010.pdf] Text
BAB I_1811010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1811010.pdf] Text
BAB II_1811010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (212kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1811010.pdf] Text
BAB III_1811010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (103kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1811010.pdf] Text
BAB IV_1811010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1811010.pdf] Text
BAB V_1811010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (64kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1811010.pdf] Text
Daftar Pustaka_1811010.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Alasan peneliti memilih judul ini adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter toleransi peserta didik di SMA Negeri 1 Tempilang.

Adapun jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tempilang. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pertama, peran guru sebagai fasilitator : memberikan bimbingan dalam membentuk karakter toleransi. Kedua, peran guru sebagai motivator : memberikan dorongan kepada peserta didik dalam hal berikap toleransi kepada siapapun. Ketiga, peran guru sebgai pemberi inspirasi : berkomitmen menjadi guru dengan bekerja secara professional dan selalu memberikan contoh yang baik guna membentuk karakter toleransi. Keempat, Kendala yang ditemui guru PAI yaitu Pihak keluarga : kurangnya pengetahuan keluarga mengenai apa itu sikap toleransi, dan Lingkungan : lingkungan yang kurang baik maka akan mempengaruhi karakter toleransi peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: peran guru pendidikan agama islam; membentuk karakter; toleransi
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Alek Alek
Date Deposited: 05 Oct 2023 01:33
Last Modified: 05 Oct 2023 01:33
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1221

Actions (login required)

View Item
View Item