Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Internalisasi Nilai-Nilai Etika dalam Kitab Ta'limul Muta'allim pada Santri Mukim Di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Airmesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah

Hasanah, Bai'atul (2023) Internalisasi Nilai-Nilai Etika dalam Kitab Ta'limul Muta'allim pada Santri Mukim Di Pondok Pesantren Nurul Falah Desa Airmesu Timur Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah. Masters thesis, IAIN SYAIKH ABDURRAHMAN SIDDIK BANGKA BELITUNG.

[thumbnail of Halaman Awal_2081154.pdf] Text
Halaman Awal_2081154.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_2081154.pdf] Text
BAB I_2081154.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II_2081154.pdf] Text
BAB II_2081154.pdf

Download (834kB)
[thumbnail of BAB III_2081154.pdf] Text
BAB III_2081154.pdf

Download (823kB)
[thumbnail of BAB IV_2081154.pdf] Text
BAB IV_2081154.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_2081154.pdf] Text
BAB V_2081154.pdf

Download (287kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2081154.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2081154.pdf

Download (305kB)

Abstract

INDONESIA:
Tujuan pendidikan Islam adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi muslim yang dapat menyesuaikan hidupnya sesuai dengan ajaran-ajaran Islam dan berakhlak mulia. Pondok pesantren sebagai cerminan terbaik pendidikan Islam memiliki cara tersendiri dalam internalisasi nilai etika, salah satunya adalah melalui pembelajaran akhlak dalam kitab Ta’limul Muta’allim yang disinyalir mampu melahirkan peserta didik yang beretika.
Sesuai dengan sifatnya yang tergolong penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, maka untuk teknik dalam pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian data dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa internalisasi nilai-nilai etika belajar kitab Ta’limul Muta’allim pada santri mukim di Pondok Pesantren Nurul Falah desa Air Mesu Timur melalui proses menyimak, bertanya, memberi tanggapan hingga menghayati. Dengan teknik peneladanan, pembiasaan, pemberian nasehat, pemberian motivasi dan pemberian sanksi. Adapun tahap internalisasi nilai yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurul Falah yaitu melalui Da’wah bi al- Lisân dan Da’wah bi al-Hâl. Bentuk etika santri pondok pesantren Nurul Falah diantaranya etika berniat memulai belajar, memuliakan guru, memuliakan kitab, memanfaatkan waktu dan sungguh-sungguh serta tawakkal dalam menuntut ilmu serta sikap tawadhu’, sabar, wara’ dan memiliki niat yang baik. Adapun faktor yang mempengaruhi secara positif bagi internalisasi nilai etika pada santri yaitu dari faktor pendidik yang menjadi uswah dan peserta didik yang harus memiliki kesadaran yang tinggi dalam beretika.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: internalisasi; nilai; etika; ta’limul muta’allim
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selpi Egitya
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:37
Last Modified: 04 Oct 2023 07:37
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1220

Actions (login required)

View Item
View Item