Handayani, Shelly Astuti (2023) Persepsi guru terhadap penghapusan ujian nasional peserta didik kelas IX di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal_1911175_organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (918kB)
BAB I_1911175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (159kB) | Request a copy
BAB II_1911175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (210kB) | Request a copy
BAB III_1911175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (135kB) | Request a copy
BAB IV-1911175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (202kB) | Request a copy
BAB V_1911175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (54kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911175.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (87kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Fokus Penelitian ini berkenaan dengan Persepsi guru terhadap penghapusan Ujian Nasional terhadap perserta didik kelas IX. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap penghapusan Ujian Nasional peserta didik kelas IX di Madrasah Tsanawiya Negeri 1 Pangkalpinang dan dampak dari penghapusan Ujian Nasional terhadap Peserta Didik Kelas IX di Madrasah Tsanawiyah 1 Negeri Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskripsif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi. Informasi yang diperoleh peneliti berasal dari guru mata pelajaran Ujian Nasional dan guru Pendidikan Agama Islam yang berkaitan dengan penghapusan Ujian Nasiona. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru terhadap penghapusan Ujian Nasional menimbulkan beberapa sudut pandang yaitu, Pro terhadap penghapusan ujian nasional karena beranggapan dengan penghapusan ujian nasional peserta didik bisa mengembangkan dan mengekspresikan keahlian yang dimiliki berdasarkan bakat dan kemampuan individu karena keberhasilan dan kegagalan peserta didik tidak cukup diukur dan ditentukan dengan nilai mata pelajaran ujian nasional dan kontra karena dari penghapusan ujian nasional peserta didik menjadi individu yang cenderung acuh terhadap pelajaran misalnya jiwa tidak bertanggung jawab dan hilangnya motivasi dalam belajar dan dampak positif dari penghapusan Ujian Nasional yaitu kemerdekaan dalam belajar sedangkan dampak negatif dari penghapusan Ujian Nasional adalah berkaitan dengan psikologis berupa timbulnya jiwa tidak bertangung jawab dan hilangnya semangat belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | persepsi guru; ujian nasional |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 001 Ilmu pengetahuan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Shelly Astuti Handayani |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 04:08 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 04:08 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1212 |