Alpino, Sandra Jopi (2023) Peran guru ngaji kampung dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-qur’an anak-anak di Desa Sadai Kecamatan Tukak Sadai Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (695kB) | Request a copy
BAB II_ 1911166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (688kB) | Request a copy
BAB III_1911166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (443kB) | Request a copy
BAB IV_1911166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (632kB) | Request a copy
BAB V_1911166.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (288kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Skripsi ini diambil karena ada permasalahan yang melatarbelakangi yaitu anak-anak Desa Sadai ketika selesai shalat maghrib lebih dominan menghabiskan waktunya untuk bermain serta enggan belajar membaca Al-Qur’an. Kemudian, beberapa anak-anak Desa Sadai belum bisa membaca Al-Qur’an dengan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid, serta kesulitan melafadzkan huruf hijaiyah dengan benar seperti huruf غَ,خَ.عَ. (gha, kha’, ‘a). Beberapa faktor yang mempengaruhi anak-anak kurang mampu membaca Al-Qur’an yaitu kelelahan dan teman sejawat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru ngaji kampung dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an dan faktor apa yang mempengaruhi guru ngaji kampung dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data yang digunakan merupakan data primer yaitu guru ngaji kampung dan orang tua, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku-buku, jurnal, berita, artikel, skripsi atau dokumen-dokumen lain yang resmi. Selanjutnya, data yang dikumpulkan berupa wawancara, dokumentasi kemudian dibenturkan dengan teori-teori yang relevan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa guru ngaji kampung dalam mengembangkan kemampuan anak-anak dalam membaca Al-Qur’an sudah memaksimalkan perannya dengan baik yaitu peran sebagai pendidik, sebagai pengajar,sebagai pemimpin, dan sebagai pembimbing. Faktor yang mempengaruhi guru ngaji kampung dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an ada 2 yaitu: faktor pendukung seperti adanya semangat guru ngaji, adanya hubungan baik guru ngaji dan para orang tua, orang tua yang memberikan dukungan kepada anak, dan memberikan motivasi terus menerus. Sedangkan faktor penghambat yaitu rusaknya lingkungan belajar, sarana dan fasilitas, dan media elektronik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru ngaji kampung ; membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.1 Kitab Suci Agama Islam; Sumber-Sumber Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sandra Jopi Alpino |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 07:46 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 07:46 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1116 |