Malinda, Opi (2023) Pengaruh penggunaan gadget terhadap prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _1815050.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1815050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (437kB)
BAB II_1815050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (523kB)
BAB III_1815050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (784kB)
BAB IV_1815050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (547kB)
BAB V_1815050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (191kB)
DAFTAR PUSTAKA_1815050.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (405kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 2 Toboali. Penggunaan Gadget adalah suatu media (alat) yang dipakai sebagai alat komunikasi modern. gadget dapat digunakan sebagai alat komunikasi, memperoleh informasi, media belajar serta media hiburan merupakan alat komunikasi yang sangat membantu sebagai sarana informasi. Gadget semakin mempermudah kegiatan komunikasi manusia, kini kegiatan komunikasi semakin berkembang semakin lebih maju dengan munculnya gadget. Perkembangan teknologi menjadi salah satu kendala orang tua atau guru dalam mendidik anak- anak karena dilihat kondisi saat ini anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya dengan memainkan dibandingkan belajar sehingga membuat perkembangan prestasi belajar mereka menurun.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian asosiatif kausal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua atau lebih variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket yang diperoleh dari penyebaran angket kepada responden dengan sampel 70 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis yang mencakup uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan SPSS versi 26.0.
Hasil penelitian ini menunjukan bawa Pengunaan Gadget (X) berpengaruh secara positif artinya semakin sering penggunaan gadget, maka prestasi belajar semakin tinggi terhadap variabel Prestasi Belajar (Y). Hal tersebut terlihat dari X 0,001 < 0,05, dengan nilai thitung 3,369 dan nilai ttabel = 0,05/2= (0,025:67)= 1,99601, artinya nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,369>1,99601), Ha diterima dan H0 ditolak. Serta nilai koefisien determinasi yang menyatakan bahwa 13,0% prestasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh penggunaan gadget, sedangkan 87,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penggunaan gadget;prestasi belajar;peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Opi Malinda |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 05:28 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 05:28 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1115 |