Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah shalat berjamaah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sungai Selan

Suprianto, Deri (2023) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah shalat berjamaah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sungai Selan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911039 (3).pdf] Text
Halaman Awal_1911039 (3).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911039.pdf] Text
BAB I_1911039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (599kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911039.pdf] Text
BAB II_1911039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911039.pdf] Text
BAB III_1911039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (386kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911039.pdf] Text
BAB IV_1911039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911039.pdf] Text
BAB V_1911039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911039.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Permasalahan yang terjadi di SMK Negeri 1 Sungai Selan adalah kurangnya kedisiplinan beribadah shalat berjamaah peserta didik kelas X, ketika adzan berkumandang banyak peserta didik kelas X yang pergi ke kantin dan pergi ke kelas lain daripada melaksankan shalat hal ini karena kebiasaan ketika dirumah tidak terbiasa disiplin dan kurangnya pengawasan dari orangtua.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru PAI dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah shalat berjamaah peserta didik kelas X dan faktor penghambatnya. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dari hasil wawancara dengan kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik kelas X.
Hasil penelitian upaya dalam meningkatkan kedisiplinan beribadah shalat berjamaah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sungai Selan tidak lepas dari peran guru PAI, namun dalam pelaksanannya dibutuhkan kerja sama semua guru agar kedisiplinan beribadah bisa diterapkan. Bentuk upaya dilakukan berupa pemberlakuan absensi wajib shalat berjamaah, pemberian hukuman bagi peserta didik yang tidak menerapkan disiplin beribadah, keteladan dari guru PAI, pemberian pembiasan dari guru PAI, pemberian nasehat kedisiplinan beribadah shalat berjamaah, dan pengawasan atau pengontrolan kedisiplinan beribadah . Faktor penghambat guru dalam meningkatkan kedisiplin beribadah shalat berjamaah peserta didik kelas X di SMK Negeri 1 Sungai Selan disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor dari dalam diri peserta didik seperti pembawaan dan karakter dari peserta yang tidak terbiasa disiplin dan faktor dari luar diri peserta didik seperti pengaruh lingkungan keluarga (tidak adanya pengawasan orangtua terhadap pelakasanaan ibadah anak), serta pengaruh lingkungan sekolah (kurangnya kerja sama antar guru dan tidak adanya kegiatan ekstrakulikuler ROHIS untuk menunjang penanaman sikap disiplin beribadah peserta didik).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: upaya guru PAI; meningkatkan kedisiplinan beribadah; shalat berjamaah peserta didik kelas x
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Deri Suprianto
Date Deposited: 20 Sep 2023 04:15
Last Modified: 20 Sep 2023 04:15
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item
View Item