Ramadani, Yudi (2023) Strategi pembelajaran Islam dalam buku implementasi strategi pembelajaran Nabi Muhammad SAW karya Bunyamin. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811237.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (432kB) | Request a copy
BAB II_1811237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (991kB) | Request a copy
BAB III_1811237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB) | Request a copy
BAB IV_1811237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (909kB) | Request a copy
BAB V_1811237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (271kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811237.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (438kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Strategi pembelajaran adalah segala teknik yang digunakan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Tujuannya adalah agar peserta didik dapat memahami materi pelajaran dengan efektif dan efisien. Sejatinya dibutuhkan guru terbaik dalam menerapkan strategi pembelajaran tersebut yang telah sukses dalam menerapkannya seperti yang telah dipraktikkan oleh Nabi Muhammad Saw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja strategi pembelajaran Nabi Muhammad Saw dalam Buku Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi Muhammad SAW karya Bunyamin dan bagaimana relevansinya terhadap dunia pendidikan.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), menggunakan pendekatan riset biografi dengan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Data diperoleh dari berbagai sumber seperti data primer berupa buku yang dikaji yang berjudul Implementasi Strategi Pembelajaran Nabi Muhammad SAW karya Bunyamin, data sekunder berupa data pendukung sumber primer yang terkait dengan hal yang dikaji, dan data tersier berupa pelengkap dari data primer dan sekunder.
Berdasarkan hasil penelitian pustaka yang telah diteliti maka terdapat beberapa strategi pembelajaran seperti meliputi strategi pembelajaran hikmah, mau’izah hasanah, mujadalah, keteladanan, targhib dan tarhib, perumpamaan (amtsal), nasehat, strategi memukul, tanya jawab, dan bijaksana mengatasi sikap yang berlebihan (over acting). Sedangkan kontribusinya terhadap dunia pendidikan yaitu mewujudkan komunikasi dan interaksi edukatif yang baik, membantu mengembangkan strategi pembelajaran dalam kurikulum pendidikan, mengembangkan keluasan dan kebebasan pendidik dalam mengajar, mengembangkan kompetensi pendidik dalam mengajar, dan mewujudkan pembelajaran yang ideal dalam pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pembelajaran islam; Nabi Muhammad SAW |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Yudi Ramadani |
Date Deposited: | 25 Sep 2023 01:09 |
Last Modified: | 25 Sep 2023 01:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1090 |