Melati, Fegi (2023) Implementasi literasi baca Asmaul Husna untuk mendisiplinkan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Simpangkatis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911053.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (926kB)
BAB I_1911053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (231kB) | Request a copy
BAB II_1911053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (271kB) | Request a copy
BAB III_1911053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (120kB) | Request a copy
BAB IV_1911053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (245kB) | Request a copy
BAB V_1911053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (108kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911053.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (193kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi literasi baca asmaul husna untuk mendisiplinkan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 Simpangkatis? (2) Bagaimana hasil implementasi literasi baca asmaul husna untuk mendisiplinkan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 simpangkatis?
Dalam menjawab pertanyaan tersebut, maka peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kemudian untuk pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan model analisis data menurut Miles dan Huberman diawali dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) implementasi literasi baca asmaul husna untuk mendisiplinkan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 1 simpangkatis ditemukan melalui beberapa tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi atau penilaian. Untuk tahap perencanaan yaitu semenjak literasi sudah mulai diterapkan di sekolah dengan melakukan rapat bersama dewan pendidik. Tahap pelaksanaannya yaitu dilakukan dari hari senin sampai jum’at sebelum pembelajaran pertama dimulai pukul 07.15-07.35 dengan melibatkan pendidik untuk mengawasi kegiatan tersebut. Tahap evaluasi atau penilaian literasi baca asmaul husna dinilai sudah cukup efektif untuk mendisiplinkan peserta didik kelas VII. (2) Hasil dari implementasi literasi baca asmaul husna yang dilakukan setiap hari yaitu adanya perubahan yang dirasakan oleh peserta didik kelas VII dalam disiplin waktu yaitu mengurangi keterlambatan dan dalam disiplin belajar peserta didik mulai mengikuti pembelajaran dengan baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Implementasi literasi baca asmaul husna; kedisiplinan. |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Fegi Melati |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 02:17 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 02:17 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1085 |