Zaliha, Zaliha (2023) Stimulasi jiwa entrepreneurship anak melalui kegiatan Market Day pada kelompok B1 di TK Ar-Rahmah Desa Kace Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (803kB)
BAB I_1912073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB) | Request a copy
BAB II_1912073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (273kB) | Request a copy
BAB III_1912073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (117kB) | Request a copy
BAB IV_1912073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (260kB) | Request a copy
BAB V_1912073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (36kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912073.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (168kB) | Request a copy
Abstract
Diambilnya permasalahan ini berdasarkan hasil pengamatan dan pertimbangan terhadap apa yang tampak (fenomena sosial) yang terjadi di TK Ar- Rahmah Desa Kace Timur berhubungan dengan anak usia dini, terdapat beberapa kegiatan yang dinamakan hari pasar atau istilah dengan market day. Kegiatan ini didampingi oleh salah satu orangtua yaitu ibu yang menjadi pendamping dalam kegiatan market day. Kegiatan ini yang dilakukan sejak dini dengan cara tahapan pengenalan. Dalam hal ini anak-anak diajarkan untuk melatih mental dan karakter seperti sikap kemandirian, jujur, cekatan dan kesabaran untuk bekal anak dalam menghadapi kehidupan yang akan mendatang nanti.
Penelitian ini merupakan penelitian (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer bersumber dari warga TK Ar-Rahmah Desa Kace Timur seperti pengelola sekolah, kepala sekolah, guru kelas. Data sekunder diperoleh melalui buku-buku, jurnal penelitian, arsip sekolah, dan internet. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik Miles Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil penelitian, Stimulasi Jiwa Entrepreneurship Anak Melalui Kegiatan Market Day Pada Kelompok B1 di TK Ar-Rahmah Desa Kace Timur, meliputi: stimulasi jiwa enterprenurship anak usia dini di TK Ar-Rahmah guru mengenalkan cara berwirausaha yang baik. Berwirausaha yang baik dimaksud di sini adalah guru menyampikan tata cara berdagang yang baik menurut Islam, guru membimbing anak dalam kegiatan market day, guru memberitahu resiko berwirausaha, dan mengenalkan mata uang agar bisa bertransaksi antara pembeli dan penjual. Hasil Stimulasi Jiwa Entrepreneurship Anak Melalui Kegiatan Market Day Pada Kelompok B1 di TK Ar-Rahmah Desa Kace Timur, meliputi: anak percaya diri dalam mempromusikan barang dagangan, anak bekerjasama dengan orangtua dalam berdagang, anak dapat bertanggung jawab terhadap barang dagangan, anak dapat berkata jujur dalam memberikan uang kembalian kepada temannya, melatih anak berani mengambil resiko terhadap barang dagangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | stimulasi; jiwa entrepreneurship; anak usia dini; market day |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Zaliha zaliha |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 08:48 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 08:48 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1075 |