Noor, Wahyudin and Juhji, Juhji (2020) Integrasi budaya prestasi pada fungsi perencanaan pembinaan mutu dosen. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (1): 1. pp. 1-12. ISSN 2549-5720 (e); 2549-3663 (p)
Artikel Integrasi Budaya Prestasi_Jurnal Al-Tanzim_Wahyudin Noor.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (510kB)
Abstract
ENGLISH
This paper aims to explain the implementation of the planning function of lecturer quality development at UIN Imam Bonjol Padang, West Sumatera and integrating the cultural values of achievement in the planning function. This research uses a qualitative approach. Data collection techniques are done through interviews, observation and documentation. Data analysis procedures use data reduction, data display, and verification. While the research subjects are leaders, lecturers, and students. The results of this study indicate that: a) The planning of lecturer quality development activities at UIN Imam Bonjol Padang, has been quite good. Nevertheless, the relatively minimal budgeting problems can affect the optimization of the realization of planned activities; b) Integrating the achievement cultural in the planning function of lecturer quality development activities in tertiary institutions, is to be an endeavor to initiate changes in tertiary institutions that constantly necessitates improved management in an increasingly efficient, effective and productive direction.
INDONESIA
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan tentang pelaksanaan fungsi perencanaan pembinaan mutu dosen di UIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, serta mengintegrasikan nilai-nilai budaya prestasi pada fungsi perencanaan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi. Sedangkan subyek penelitian adalah pimpinan, dosen dan mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: a) Perencanaan kegiatan pembinaan mutu dosen di UIN Imam Bonjol Padang, telah cukup baik. Meskipun demikian, permasalahan penganggaran yang relatif masih minim dapat mempengaruhi optimalisasi realisasi rencana kegiatan yang telah diagendakan; b) Mengintegrasikan budaya prestasi pada fungsi perencanaan kegiatan pembinaan mutu dosen di perguruan tinggi, adalah menjadi sebuah ikhtiar untuk mengawali perubahan di perguruan tinggi yang senantiasa meniscayakan perbaikan manajemen ke arah yang semakin efisien, efektif dan produktif.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Budaya prestasi; perencanaan pembinaan dan mutu dosen |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.6 Organisasi dan Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Karya Dosen |
Depositing User: | Wahyudin Noor |
Date Deposited: | 25 Jan 2023 03:13 |
Last Modified: | 25 Jan 2023 03:13 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/102 |