Jawariah, Jawariah (2023) Problematika pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1911079.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (226kB) | Request a copy
BAB II_1911079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (277kB) | Request a copy
BAB III_1911079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
BAB IV_1911079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (256kB) | Request a copy
BAB V_1911079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (83kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1911079.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (160kB) | Request a copy
Abstract
Dalam perspektif keagamaan, belajar merupakan kewajiban bagi setiap muslim agar bisa memperoleh ilmu pengetahuan dalam rangka mengembangkan potensi dirinya sehingga bisa memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya. Hal ini juga termasuk bagi anak berkebutuhan khusus tunagrahita yang berhak mendapatkan kesempatan belajar, terutama dalam mendapatkan pendidikan agama menimbang pentingnya pendidikan agama itu sendiri. Oleh karena itu, penting untuk ditingkatkan kualitas pendidikan agama terkhususnya di sekolah luar biasa, dan untuk meningkatkannya maka terlebih dahulu harus diketahui apa saja problematika yang dihadapi, sehingga kita bisa membenahi berbagai permasalahan yang terjadi pada saat proses pembelajarannya.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang, apa saja problematika dalam pembelajarannya, serta solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang. jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. adapun teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran PAI di SMALB Negeri pangkalpinang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. pelaksanaan pembelajaran tersebut dengan menggunakan perangkat pembelajaran yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Adapun problematika pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang didapati problematika dari segi problem peserta didik, problem pendidik, serta problem sarana dan prasarana. Sedangkan solusi dalam mengatasi problematika pembelajaran PAI pada peserta didik tunagrahita ringan kelas X di SMALB Negeri Pangkalpinang didapati problematika dari segi problem peserta didik, problem pendidik, serta problem sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | problematika, pembelajaran pendidikan Agama Islam, tunagrahita |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.9 Pendidikan Khusus, Pendidikan Luar Biasa, Pendidikan Inklusif, Pendidikan Inklusi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Jawariah Jawariah |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 04:19 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 04:19 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1010 |