Pratama, Henda (2023) Pengembangan interaksi sosial melalui bermain ular naga pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Nusa Indah Desa Penyampak Kecamatan Tempilang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1912021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB_I 1912021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (625kB) | Request a copy
BAB II_1912021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (663kB) | Request a copy
BAB III_ 1912021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (611kB) | Request a copy
BAB IV_ 1912021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V_ 1912021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (533kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (393kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Interaksi sosial harus ditanamkan sejak usia dini.Hal ini sangat penting dilakukan agar anak bisa berinteraksi dan juga tidak menyebabkan anak kesulitan saatberinteraksi dengan orang lain. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan dalam pengembangan interaksi sosial melalui bermain ular naga dan untuk mengetahui hasil dalam mengembangkan interaksi sosial melalui bermain ular naga pada anak kelompok B usia 5-6 tahun di PAUD Nusa Indah Desa Penyampak Kecamatan Tempilang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang besifat deskriptif di PAUD Nusa Indah Desa Penyampak Kecamatan Tempilang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi yang dilakukan dengan mengamati kegiatan bermain ular naga dalam pengembangan interaksi sosial pada anak, wawancara untuk mengatahui informasi yang lebih dalam penelitian. Analisis data yang digunakan meliput reduksi data penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bermain ular naga dalam pengembangan interaksi sosial di PAUD Nusa Indah Desa Penyampak Kecamatan Tempilang sebelum memulai kegiatan antara lain: Guru mempersikan lokasi dan lapangan yang luas untuk bermain ular naga, guru menjelaskan aturan saat bermain ular naga, , guru melakukan penilaian pada anak. Adapun hasil Stimulasi interaksi sosial anak melalui bermain ular naga pada anak kelompok B di PAUD Nusa Indah Desa Penyampak, antara lain: anak mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan temannya, anak mampu bergiliran saat bermain, anak mampu berkerjasama, anak mampu menaati aturan saat bermain dan anak mampu mengendalikan emosi saat bermain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan, interaksi sosial, melalui bermain ular naga. |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Henda Pratama |
Date Deposited: | 09 Aug 2023 02:58 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 02:58 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1009 |