Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Azyumardi Azra : Pembaruan pemikiran dan kelembagaan pendidikan Islam di Indonesia

Noor, Wahyudin (2018) Azyumardi Azra : Pembaruan pemikiran dan kelembagaan pendidikan Islam di Indonesia. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 5 (1): 3. pp. 19-28. ISSN 2407-4462 (p), 2614-5812 (e)

[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
Artikel Azyumardi Azra Pembaruan Pemikiran_Jurnal Tarbawy_Wahyudin Noor.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (250kB)

Abstract

INDONESIA
Sebagai cendekiawan, Azyumardi Azra merupakan satu dari banyak tokoh pembaru pendidikan Islam di Indonesia. Pendidikan Islam, menurut Azra, perlu mengembangkan strategi pendekatan ganda dengan tujuan untuk memadukan pendekatan-pendekatan situasional jangka pendek dengan pendekatan konseptual jangka panjang. Perubahan pendidikan Islam dapat dilakukan dengan cara melakukan perubahan pemikiran dan kelembagaan. Perubahan pemikiran dan kelembagaan tersebut merupakan prasyarat kebangkitan kaum muslimin di masa modern. Pembaruan pemikiran pendidikan Islam Azyumardi Azra, meliputi: a). Modernisasi pendidikan Islam; b). Demokratisasi pendidikan Islam. Di bidang kelembagan, Azra pun dikenal aktivis atau praktisi pembaru kelembagaan pendidikan Islam. Pada masa kepemimpinannya, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengalami perubahan status menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, sungguh sebuah prestasi yang belum pernah dicapai pada zaman sebelumnya.

ENGLISH
As a scholar, Azyumardi Azra is one of the many reformers of Islamic education in Indonesia. Islamic education, according to Azra, needs to develop a dual approach strategy with the aim of integrating short-term situational approaches with a long-term conceptual approach. Changes in Islamic education can be done by changing thinking and institutions. This change of thought and institutions is a prerequisite for the rise of the Muslims in modern times. Renewal of Islamic education thought Azyumardi Azra, including: a). Modernization of Islamic education; b). Democratization of Islamic education. In the field of institutionalism, Azra was also known as an activist or practitioner of reforming Islamic education institutions. During his leadership, IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta experienced a change in status to UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, truly an achievement that had never been achieved in the previous era.

Item Type: Article
Keywords: Pembaruan; Pemikiran dan Kelembagaan; Pendidikan Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Karya Dosen
Depositing User: Wahyudin Noor
Date Deposited: 25 Jan 2023 02:40
Last Modified: 25 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/95

Actions (login required)

View Item
View Item